Snack Ukuran Besar: Hemat di Kantong, Boros di Pinggang

Keripik kentang kemasan 200 gram, harganya 10,000 rupiah; nah, yang kemasan 400 gram, harganya cuma 18,000 rupiah! Ah, lebih hemat beli yang kemasan besar sekalian saja, lebih untung! Hemm, sekaligus beli 2 bungkus buat persediaan cemilan di rumah saja mungkin ya?”

 

Siapa yang suka membandingkan harga saat belanja ke supermarket? Dan akhirnya, tergoda untuk memilih kemasan besar yang lebih ekonomis? Nah, hati-hati kawan! Kenaikan harga pada produk kemasan besar memang relatif lebih kecil dibandingkan penambahan jumlah barang yang diperoleh. Namun, walau secara nilai ekonomi lebih menguntungkan, produk makanan kemasan besar bisa memberikan efek negatif ke berat badan. Penasaran mengapa bisa demikian?

 

Suatu studi pada jurnal Appetite menunjukkan bahwa saat mengonsumsi produk yang dikemas dengan ukuran besar, persepsi seseorang terhadap ukuran porsi sekali makan juga meningkat. Coba diingat-ingat, saat asik ngemil popcorn sambil menikmati film favorit, tanpa terasa satu kemasan di tangan akan habis bukan? Tanpa peduli kemasannya kecil atau besar, selama yang di tangan belum habis, ngemil jalan terus!

 

Lebih parahnya, konsumsi berlebih saat makan dari kemasan jumbo ini, tidak membuat orang mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi di waktu berikutnya. Hayo ngaku, setelah makan chips 1 genggam atau 2 genggam, apa porsi makan malam kamu jadi berbeda? Jika jawabannya tidak berbeda, berarti harus waspada, asupan kalori harian jelas meningkat! Dan jika terus dibiarkan, akan menyebabkan kenaikan berat badan.

 

Nah, sudah tahu kan mengapa beli snack kemasan besar lebih ekonomis di kantong, tapi bisa buat lebih "boros" di pinggang! Tapi, jangan kuatir, ada tipsnya supaya pinggang tetap ramping, namun isi kantong tetap terjaga.

 

Salah satunya, tuangkan makanan dalam kemasan besar ke wadah terpisah yang lebih kecil sebelum makan, sehingga terhindar dari godaan menghabiskan satu kantong langsung tanpa terasa. Atau, pilih cemilan yang sudah dikemas dalam kemasan kecil, cocok untuk satu kali sajian ngemil kamu. Tropicana Slim cookies tersedia dengan berbagai varian rasa menarik; Nutty Chocolate, Hokkaido Cheese, Korean Garlic, Korean Goguma & Klepon; hanya sebesar 100 kalori tiap kemasannya. Praktis, enak dan cocok buat kamu yang suka ngemil, tapi ingin berat badan tetap terjaga!

 

 

Reference:

  • Appetite (2015) 10.1016/j.appet.2015.09.025

Share Article:

Copyright © 2022 Nutrimart. All rights reserved.