Tidur Berkualitas: Cara Kita Cintai Diri Sendiri

Sebelum mencintai yang lain, yuk kita cintai diri sendiri lebih dulu. Ada banyak cara untuk mencintai diri sendiri, mulai dengan melakukan hobi, menambah koleksi barang favorit, pesan makanan kesukaan atau jalan-jalan dengan kesayangan. Namun, ternyata ada hal sederhana yang bisa dilakukan, yaitu memberikan tidur yang berkualitas untuk tubuh kita. Tidur yang berkualitas akan membantu jaga kesehatan fisik dan mental, yang tentunya berdampak positif pada konsentrasi dan produktivitas harian kita.

Tidur yang berkualitas tidak hanya dilihat dari seberapa lama kita tidur, namun juga seberapa nyenyak kita tidur. Kualitas tidur yang kurang baik dapat menekan produksi hormon serotonin yang mengakibatkan emosi menjadi tidak stabil sehingga kita menjadi mudah marah dan frustasi. Sebaliknya, suasana hati yang kurang baik juga akan menganggu kualitas tidur. Pada kondisi ini, otak kita akan terus bekerja dan membuat tidur jadi tak nyenyak. Nah, bagaimana sih caranya agar tidur kita berkualitas? Simak beberapa tips berikut :

 

  1. Menetapkan Waktu Tidur dan Bangun yang Sama Setiap Harinya

Waktu bangun dan tidur yang sama, bahkan pada akhir pekan, membuat tubuh terbiasa dengan rutinitas tidur. Durasi waktu tidur malam yang disarankan untuk orang dewasa adalah 7-9 jam. Selain itu, batasi waktu tidur siang hingga 30 menit karena dapat mengganggu waktu tidur malam, kecuali bagi mereka yang bekerja pada malam hari.

  1. Ciptakan Suasana Kamar Tidur yang Kondusif

Jadikan kamar tidur kita sebagai tempat yang paling nyaman dan tenang untuk kita tidur. Usahakan untuk tidak melakukan aktivitas lain di kamar tidur dan atur penerangan sesuai dengan preferensi  masing-masing untuk menciptakan kamar tidur yang kondusif untuk bersitirahat.

  1. Hindari Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Gelombang yang dipancarkan gadget akan menghambat pelepasan hormon melatonin yang mengatur pola tidur kita. Akibatnya, kita menjadi lebih lama terbangun dan tidur pun tak lelap. Jadi, hentikan penggunaan gadget minimal 30 menit sebelum tidur. Lakukan aktivitas yang lebih menenangkan seperti mendengarkan musik ringan, membaca buku atau bermeditasi.

  1. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi Sebelum Tidur

Usahakan tidak tidur dalam kondisi lapar atau terlalu kenyang. Hindari makan berat sebelum tidur karena kondisi makanan yang masih dicerna membuat tubuh menjadi sulit tidur.

  1. Rutin Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat tubuh menjadi terbangun, sehingga pada malam hari ketika suhu tubuh sudah turun kembali, rasa kantuk lebih mudah muncul dan tidur menjadi lebih mudah. Namun, hindari waktu olahraga yang berdekatan dengan jam tidur karena suhu tubuh yang meningkat bisa menyebabkan susah tidur.

 

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

 

Referensi:

Bisson, A. N. S., Robinson, S. A., & Lachman, M. E. (2019). Walk to a better night of sleep: testing the

relationship between physical activity and sleep. Sleep health, 5(5), 487-494.

Department of Health, State Government of Victoria. (2017). Mood and Sleep. <<  https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/Mood-and-sleep>>

National Center for Chronic Disease Prevention and Health Promotion, Division of Population Health. (2016,). CDC - Sleep Hygiene Tips - Sleep and Sleep Disorders.  <<https://www.cdc.gov/sleep/about_sleep/sleep_hygiene.html>>

National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI). (2011, September). In Brief: Your Guide to Healthy Sleep. <<https://www.nhlbi.nih.gov/files/docs/public/sleep/healthysleepfs.pdf>>

Tsouklidis, N., Tallaj, N., Tallaj, Y., & Heindl, S. E. (2020). Lights Out! The Body Needs Sleep: Electronic Devices and Sleep Deficiency. Cureus, 12(7).

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.