Tidur Cukup Memori Terjaga

Belum banyak orang yang menyadari pentingnya waktu tidur yang cukup. Buktinya, data menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang ternyata memiliki waktu tidur yang tidak mencukupi setiap malamnya. Hal ini jelas mengkhawatirkan karena tidur yang cukup dan berkualitas sesungguhnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

 

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bagaimana waktu tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk menjaga kesehatan dan mendukung aktivitas harian kita. Kualitas dan waktu tidur yang baik terbukti bermanfaat untuk menurunkan risiko obesitas, memperbaiki daya konsentrasi dan performa harian, serta menurunkan risiko penyakit jantung. Tidak hanya itu, tidur ternyata juga sangat penting untuk mendukung fungsi memori otak.

 

Saat kita tidur, walaupun tidak kita rasakan, otak sebenarnya bekerja dengan sangat sibuk. Salah satunya, otak mengulang hal-hal yang kita pelajari di siang hari serta mengatur memori kita dan menyusunnya seefisien mungkin. Tidak hanya memori baru saja yang diatur saat kita tidur, memori lama juga diatur kembali agar tidak dilupakan dan dapat lebih cepat diingat kembali. Hal ini menunjukkan bahwa tidur sangat penting dalam mendukung fungsi memori otak. Waktu tidur yang cukup dan berkualitas diperlukan agar otak dapat mengombinasikan berbagai memori yang ada dalam sebuah sistem yang efisien sehingga semua memori dapat tetap diingat. Hal ini sangatlah penting agar kita dapat terus belajar hal baru sepanjang hidup, tanpa melupakan hal-hal lama yang telah dipelajari sebelumnya1.

 

Berapa lama waktu tidur yang dapat dikatakan cukup? Rekomendasi durasi tidur dapat berbeda untuk kelompok usia yang berbeda. Untuk orang dewasa, rekomendasi durasi tidur yang mencukupi adalah 7-9 jam per hari. Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari kesulitan tidur di malam hari antara lain2:

  • Buat jadwal rutin untuk tidur setiap hari, baik di hari kerja maupun di akhir pekan.
  • Jaga suasana kamar tidur agar tenang, sejuk, dan gelap.
  • Hindari menggunakan gadget, paling tidak 30 menit sebelum tidur.
  • Lakukan kegiatan yang menenangkan 30 menit sebelum tidur seperti membaca buku, peregangan ringan, dan mendengarkan lagu ringan.

 

Mencari aktivitas menenangkan untuk dilakukan sebelum tidur? Konsumsi susu hangat dapat menjadi pilihan. Tentunya, pilih susu tinggi kalsium dan rendah lemak dengan rasa yang enak seperti susu HiLo. Bonus tambahannya, susu HiLo bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian yang penting untuk mendukung keseharian kita.

 

References:

Can sleep protect memories from catastrophic forgetting?. 2020. Elife DOI: 10.7554/eLife.51005.

National Sleep Foundation

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.