Tips Memasak dengan Air Fryer

Ingin menikmati renyahnya ayam goreng tanpa terlalu merasa bersalah? Atau kangen gurihnya french-fries yang crunchy tanpa kuatir lemak berlebih? Menggoreng dengan alat air-fryer bisa jadi solusinya!

 

Mungkin teman-teman pernah mendengar saran seperti di atas? Penasaran, apa bedanya menggoreng dengan air-fryer dibandingkan menggunakan minyak biasa? Air-fryer bekerja dengan cara mengedarkan udara panas yang dihasilkan dari kipas mekanik berkecepatan tinggi. Udara panas tersebut akan mengelilingi makanan yang “digoreng” dan membuat kandungan airnya menguap. Hal ini yang menghasilkan tekstur renyah pada bahan yang diolah dengan alat ini. Karena hanya menggunakan sedikit atau bahkan tidak menggunakan minyak sama sekali, tentunya metode ini membuat bahan yang digoreng jadi lebih sehat.

 

Ada yang bilang bahwa bahan yang diolah dengan air-fryer dapat menyebabkan kanker. Nah, kita harus paham kalau senyawa yang dikaitkan dengan kanker ini dikenal dengan senyawa akrilamida. Senyawa ini dapat terbentuk pada beberapa jenis makanan akibat pemanasan suhu tinggi dan diketahui dapat menyebabkan kanker dalam dosis tinggi pada hewan percobaan. Namun, metode memasak menggunakan suhu tinggi bukan hanya digunakan di air-fryer, tapi juga metode memasak lain seperti menggoreng, membakar dan memanggang. Lebih jauh, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa jumlah akrilamida yang terbentuk saat memasak dengan air-fryer sebenarnya lebih rendah dibandingkan dengan saat menggoreng.

 

Beberapa tips yang bisa dilakukan saat menggunakan air-fryer:

  1. Hindari penggunaan suhu yang terlalu tinggi agar makanan tidak cepat gosong
  2. Hindari memasak dengan air-fryer terlalu lama
  3. Usahakan untuk memasak hingga makanan tidak sampai terlalu coklat

 

Walau sudah dijelaskan bahwa air-fryer dapat membantu meminimalkan asupan minyak dan pembentukan senyawa karsinogenik, bukan berarti menggunakan air-fryer untuk menggantikan proses menggoreng otomatis menjadikan hidup kita lebih sehat, ya! Yang penting dalam menjalankan pola makan sehat adalah mengonsumsi makanan kaya nutrisi yang bervariasi, memperbanyak buah dan sayur, memilih sumber bijian utuh, serta memilih sumber protein yang lebih rendah lemak jenuh. Selain itu, terdapat metode memasak lain yang juga bisa menjadi alternatif variasi cara memasak lebih sehat seperti menumis, mengukus, dan merebus. Jangan lupa pilih minyak yang rendah kandungan  lemak jenuhnya seperti Tropicana slim corn oil atau canola oil, supaya makanan yang dihasilkan lebih sehat.

 

References:

  1. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324849#summary
  2. Food & Drugs Administration
  3. Effect of pretreatments and air-frying, a novel technology, on acrylamide generation in fried potatoes. 2015. J Food Sci doi: 10.1111/1750-3841.12843.
  4. American Heart Association

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.