Tips Mengembalikan Mood dalam 10 Menit

Bagaimana suasana hati teman-teman hari ini? Apakah secerah birunya langit; atau malah sekelam mendung menggelantung? Hidup di dunia yang berputar cepat saat ini memang rentan dengan hantaman stress dari berbagai aspek kehidupan. Tuntutan pekerjaan, tekanan sosial, dan juga kebutuhan menyeimbangkan waktu untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. Stress yang berlebih bisa berakibat negatif pada kesehatan mental. Jika tak pintar-pintar mengelola stress dan emosi, kesehatan mental bisa terancam!

Saat stress melanda dan suasana hati sedang tidak begitu baik, apa yang biasa teman-teman lakukan untuk tetap menjaga kesehatan mental dan mengembalikan mood? Mungkin sebagian akan mendengarkan musik yang menenangkan, membaca buku atau menonton film favorit, atau bahkan mencari makanan kesukaan. Kabar baiknya, ada satu alternatif yang terbukti secara ilmiah dapat mengatasi suasana hati kurang baik, hanya dalam 10 menit! Tentunya bikin penasaran bagaimana caranya ya; terutama bagi kita yang sering dihantam stress dan ingin tetap menjaga kesehatan mental, di sela-sela kesibukan tiada henti.

Sebuah penelitian yang dimuat pada Scientific Reports menunjukkan bahwa lari dengan intensitas sedang dapat bermanfaat positif untuk kesehatan mental. Bahkan, hanya dalam durasi 10 menit, kegiatan lari intensitas sedang ini dapat membantu memperbaiki suasana hati para responden. Selain itu, teramati adanya peningkatan sirkulasi darah dan aktivitas pada bagian otak billateral prefontal cortex yang berperan penting mengatur suasana hati. Sungguh kabar baik bagi para pejuang stress dan kesehatan mental, bukan?

Walau penelitian di atas menunjukkan 10 menit saja sudah bermanfaat untuk mengembalikan mood; tapi usahakan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari untuk memperoleh manfaat yang lebih baik. Selain berolahraga, menjaga pola makan yang sehat juga akan berguna untuk mengatasi stress dan menjaga kesehatan mental kita. Makanan apa yang berguna untuk atasi stress dan menjaga kesehatan mental? Konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin, mineral, serta senyawa flavonoid dan karotenoid dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif dalam tubuh; yang tentunya berkaitan dengan kondisi stress.

Selain itu, untuk mengatasi stress dan menjaga kesehatan mental; jangan lupa untuk meluangkan waktu melakukan kegiatan yang disukai, mengikuti kegiatan di komunitas sekitar, serta jaga hubungan sosial dengan keluarga dan teman dekat. Supaya waktu yang dihabiskan dengan kesayangan semakin berwarna, cobalah berbagai varian Nutrisari terbaru; seperti mangga gandaria, milky orange, gula asam dan anggur hijau. Konsumsi Nutrisari tak hanya mewarnai hari-hari lebih ceria, tapi juga bermanfaat bagi tubuh karena satu sachet Nutrisari memenuhi 100% kebutuhan vitamin C dan juga tinggi vitamin D. Stress melanda, siapa takut, kita tahu tipsnya untuk jaga kesehatan mental tetap prima!

 

Reference:

  • Scientific Reports
  • Clinical Nutrition

 

Share Article:

All rights reserverd.