Tips Mengurangi Risiko Diabetes

Data dari International Diabetes Federation di tahun 2019 menunjukkan, ada 1 kematian di dunia akibat diabetes dan komplikasinya setiap 8 detik. Bahkan, hampir setengah dari jumlah kematian akibat diabetes ini terjadi pada mereka yang masih termasuk usia produktif, atau di bawah 60 tahun.

Diabetes berkaitan dengan berbagai macam komplikasi kesehatan yang berbahaya. Seperti dipaparkan oleh International Diabetes Federation, tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit-penyakit berbahaya termasuk:

  • Penyakit jantung, yang berkaitan dengan komplikasi fatal seperti penyakit jantung koroner (menyebabkan serangan jantung) dan stroke. Bahkan, penyakit jantung merupakan penyebab kematian utama pada penderita diabetes.
  • Penyakit ginjal, yang disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah pada ginjal.
  • Kerusakan sistem syaraf, yang menyebabkan rasa nyeri, kesemutan, dan hilang rasa. Kehilangan rasa atau sensasi ini dapat berbahaya terutama jika terjadi luka (misalnya pada bagian kaki). Luka yang tidak disadari bisa berujung pada infeksi dan risiko amputasi.
  • Gangguan penglihatan, yang dapat berujung pada kebutaan.

 

Untuk itu, penting untuk mengurangi risiko diabetes dengan menjalankan hidup sehat: pola makan sehat, menjaga berat badan dalam kisaran normal, dan rutin berolahraga. Beberapa tips pola makan sehat dari International Diabetes Federation yang dapat diikuti:

  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah, termasuk sayuran hijau.
  • Pilih kacang-kacangan atau buah sebagai cemilan yang lebih sehat.
  • Pilih bagian daging yang rendah lemak serta batasi asupan daging merah dan daging olahan.
  • Batasi konsumsi minuman manis yang tinggi gula.
  • Pilih sumber dari bijian utuh seperti oat, beras merah, atau roti gandum.

Mulailah dari sarapan setiap hari! Pilih roti gandum dan ganti selai cokelat Anda dengan Tropicana Slim Chocolate Spread yang bebas gula dan crunchylicious!

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa berbelanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 20%! Kode KONTROLGULA bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! Berlaku untuk konsumen baru dan dapat digunakan untuk seluruh produk Tropicana Slim Sweetener.

References:

  1. IDF Diabetes Atlas Ninth Edition 2019 (International Diabetes Federation)
  2. About Diabetes: Diabetes Complication. 2020. International Diabetes Federation.
  3. About Diabetes: Diabetes Prevention. 2020. International Diabetes Federation.

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.