Tips Puasa Sehat

Puasa itu menyehatkan, baik secara emosional maupun fisik. Ya, bulan puasa memang merupakan kesempatan yang baik untuk kembali pada atau bahkan memulai pola makan dan gaya hidup yang sehat dan seimbang.

Faktanya, data pada Journal of Research in Medical Sciences menunjukkan bahwa berpuasa selama bulan Ramadhan berkaitan dengan penurunan berat badan, penurunan kadar total kolesterol darah, dan penurunan kadar trigliserida darah pada kelompok pria di akhir bulan puasa. Pada kelompok wanita, teramati adanya perbaikan kadar kolesterol baik di dalam darah. Selain itu, juga teramati adanya penurunan kadar kolesterol jahat pada subjek wanita maupun pria.

Namun, tidak semua penelitian menunjukkan efek positif dari berpuasa untuk penurunan berat badan dan kadar kolesterol. Hal ini berkaitan dengan kondisi kesehatan, perbedaan pola makan, dan kebiasaan sehari-hari yang berbeda saat menjalankan ibadah puasa. Jadi untuk dapat memperoleh manfaat kesehatan dari berpuasa dengan optimal, kita tetap perlu memperhatikan pola makan sehat dengan baik.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk memastikan pola makan tetap sehat selama bulan puasa? Simak tips-tips berikut ini:

  • Pastikan untuk tidak melewatkan sahur sebagai waktu sarapan. Pilih menu yang kaya akan sayuran, karbohidrat kompleks (seperti nasi merah, oat, atau roti gandum), sumber protein (seperti susu, telur, dan kacang-kacangan), serta buah.
  • Cukupi minum air atau pilih makanan yang mengandung banyak air saat sahur dan berbuka untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari, misalnya buah dan sayur.
  • Hindari menu yang tinggi lemak seperti daging merah, kue-kue kecil, gorengan, atau gulai saat berbuka puasa.
  • Batasi minuman manis yang tinggi gula. Gunakan Tropicana Slim Sweetener yang bebas gula dan rendah kalori untuk rasa manis yang lebih sehat.
  • Kurangi menu makanan yang digoreng; gantikan dengan cara memasak direbus, dikukus, ditumis, atau dipanggang. Gunakan juga pilihan minyak yang lebih rendah lemak jenuh atau lemak jahat saat memasak seperti Tropicana Slim Olive Oil, Tropicana Slim Canola Oil, Tropicana Sunflower Oil, dan Tropicana Corn Oil.
  • Batasi produk makanan olahan (seperti daging olahan, keripik, dan sosis) yang cenderung tinggi garam. Tidak hanya kurang sehat untuk kesehatan, makanan tinggi garam seperti ini juga mendorong rasa haus.
  • Kurangi penambahan garam, saos, dan kecap agar asupan garam harian tidak berlebih. Sebaiknya, pilih produk kecap yang rendah garam seperti Tropicana Slim Kecap Manis dan Kecap Asin.

 

References:

  1. Journal of Research in Medical Sciences (2014) 19(10): 987–992.
  2. World Health Organization
  3. org.uk

Share Article:

All rights reserverd.