Vaksin dan Vaksin Booster COVID-19 Sungguh Bermanfaat!

Pemerintah sudah menyediakan program vaksinasi COVID-19 dan terus mendorong masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi ini. Mengapa kita perlu melakukan vaksinasi? Apa pentingnya mendapatkan vaksin booster?

 

Cara kerja vaksin

Vaksin bekerja dengan cara melatih dan menyiapkan sistem kekebalan tubuh (yang merupakan sistem pertahanan alami kita) untuk mengenali dan melawan virus atau bakteri yang ditargetkan. Setelah vaksinasi, sistem kekebalan tubuh akan bekerja membentuk antibodi spesifik untuk melawan virus atau bakteri tersebut. Dengan begitu, tubuh akan dapat segera bereaksi untuk melawan dan mengatasinya apabila suatu saat nanti kita (tidak sengaja) terinfeksi sehingga dapat bermanfaat mencegah kita menjadi sakit atau mengalami gejala yang parah.

 

Vaksin COVID-19 cegah gejala parah

Data yang ada sudah menunjukkan manfaat vaksin COVID-19 dalam mencegah timbulnya gejala yang parah saat (tidak sengaja) terinfeksi virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal The Lancet Infectious Diseases menunjukkan lebih rendahnya risiko mengalami lebih dari 5 gejala pada minggu pertama infeksi dan risiko membutuhkan perawatan di rumah sakit saat terinfeksi COVID-19 pada mereka yang sudah divaksinasi. Selain itu, mereka yang sudah divaksin juga memiliki risiko mengalami long COVID (≥28 hari) yang lebih rendah. Pada mereka yang sudah mendapatkan vaksinasi penuh (2 kali vaksin), risiko mengalami long COVID bahkan berkurang hingga hampir 50%.

 

Pentingnya vaksin booster

Menurut WHO, vaksin booster atau vaksin dosis lanjutan adalah dosis vaksin yang diberikan kepada kelompok yang sudah divaksinasi penuh pada saat kondisi kekebalan tubuh dan perlindungan klinis yang diperoleh sudah berkurang seiring berjalannya waktu. Tujuan pemberian vaksin booster adalah untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.

 

European Medicines Agency sendiri memaparkan bahwa terdapa data-data yang menunjukkan lebih tinggi atau lebih baiknya efek perlindungan vaksin terhadap virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 pada mereka yang sudah menerima vaksinasi booster, apabila dibandingkan dengan mereka yang baru menerima vaksinasi primer (atau vaksinasi penuh). Data lain dari pemerintah Inggris (Gov.UK) menunjukkan bagaimana vaksin booster bermanfaat meningkatkan kembali efek perlindungan vaksin, yaitu mencapai sekitar 95% dalam waktu 2 minggu setelah dosis vaksin booster. Vaksin booster juga terbukti meningkatkan perlindungan terhadap risiko perawatan di rumah sakit hingga 90%.

 

Selain mengikuti program vaksinasi, tentunya penting untuk selalu menggunakan masker saat di tempat umum, rutin mencuci tangan dengan air dan sabun, menghindari keramaian, serta menjaga jarak dengan orang lain. Tidak lupa, nutrisi yang lengkap dan seimbang juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda, NutriSari Nutri-C1000, suplemen kesehatan yang mengandung 1000mg Vitamin C untuk bantu jaga daya tahan tubuh kamu. Cukup konsumsi suplemen NutriSari Nutri-C1000 1 sachet per hari buat kamu yang lagi butuh dosis Vitamin C yang lebih tinggi, seperti sedang kurang sehat, atau sedang masa pemulihan. Dalam kondisi sehat, minum NutriSari yang 1 sachetnya sudah mengandung 100% Angka Kecukupan Gizi harian Vitamin C (90mg).

 

References:

  1. World Health Organization
  2. US Centers for Disease Control and Prevention
  3. National Health Service UK
  4. The Lancet Infectious Diseases (2021) DOI: 10.1016/S1473-3099(21)00460-6

Share Article:

All rights reserverd.