Vaksin Lebih Sukses dengan Pola Hidup Sehat

Salah satu cara menghambat penyebaran COVID-19 guna melindungi diri dan orang di sekitar kita adalah dengan mengikuti program vaksinasi. Bagaimana cara agar kita dapat memastikan bahwa vaksin yang didapat bisa lebih efektif? Ternyata, pola hidup sehat penting!

 

Manfaat vaksin COVID-19

Efektivitas vaksin COVID-19 (yang sudah mendapat ijin penggunaan darurat) sudah jelas terbukti. Berbagai penelitian menunjukkan manfaat vaksin COVID-19 dalam mencegah timbulnya gejala yang parah apabila tidak sengaja terpapar oleh COVID-19.

 

Salah satunya, sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal The Lancet Infectious Diseases menunjukkan bahwa risiko mengalami lebih dari 5 gejala pada minggu pertama infeksi dan risiko membutuhkan perawatan di rumah sakit saat terinfeksi COVID-19 ternyata lebih rendah pada mereka yang sudah divaksinasi. Selain itu, mereka yang sudah divaksin juga memiliki risiko mengalami long COVID (kondisi COVID-19 dengan gejala ≥28 hari) yang lebih rendah. Pada mereka yang sudah mendapatkan vaksinasi penuh (2 kali vaksin), risiko mengalami long COVID bahkan berkurang hingga hampir 50%.

 

Optimalkan dengan pola hidup sehat

Ternyata, pola hidup sehari-hari dapat memengaruhi reaksi tubuh terhadap vaksinasi. Seperti dilaporkan pada jurnal Perspectives on Psychological Science, pola hidup tidak sehat ternyata dapat berefek negatif pada respons antibodi terhadap vaksin seperti berikut ini:

  • Kebiasaan merokok berkaitan dengan peradangan yang dapat mengganggu respons antibodi terhadap vaksinasi.
  • Rutinitas waktu tidur yang kurang berkaitan dengan respons dan pembentukan antibodi yang lebih rendah setelah vaksinasi.
  • Pola hidup tidak aktif (tidak rutin berolahraga) berkaitan dengan respons dan aktivasi antibodi terhadap vaksinasi yang lebih rendah.
  • Kondisi stress jangka panjang diketahui berkaitan negatif dengan respons antibodi terhadap vaksin.

 

Perlu diketahui bahwa data-data ini masih diperoleh berdasarkan program vaksinasi terhadap penyakit lainnya (seperti vaksinasi influenza dan hepatitis) dan belum diperoleh data spesifik untuk vaksinasi terhadap COVID-19. Meskipun demikian, data yang ada jelas menunjukkan pentingnya pola hidup sehat untuk menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh kita.

 

Menjalankan pola hidup sehat akan bermanfaat dalam kondisi apapun, dan jelas dapat memberikan manfaat lebih dalam kondisi pandemi seperti ini. Pastikan menjaga pola makan sehat, rutin berolahraga, kelola stress dengan baik, dan cukup istirahat setiap hari. Pastikan juga untuk selalu menjaga jarak, menghindari kerumunan, menggunakan masker saat di tempat umum, serta rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir) guna menekan penyebaran COVID-19.

 

Lengkapi pola hidup sehat dengan makanan dan minuman kaya nutrisi seperti Nutrisari yang dapat membantu memenuhi 100% kebutuhan vitamin C serta diperkaya dengan vitamin A, B1, B3, B6, asam folat dan E, juga mineral kalsium dan fosfor. Sempurnakan juga dengan susu HiLo yang tinggi kalsium tapi rendah lemak serta mengandung berbagai vitamin dan mineral dengan rasa yang enak. Lebih sehat, lebih terlindungi!

 

References:

  1. The Lancet Infectious Diseases (2021) DOI: 10.1016/S1473-3099(21)00460-6
  2. World Health Organization
  3. Perspectives on Psychological Science (2021) doi.org/10.1177/1745691621989243

Share Article:

All rights reserverd.