Workout Lebih Semangat dengan Musik

Salah satu rekomendasi pola hidup sehat adalah rutin berolahraga. Ya, manfaat olahraga untuk kesehatan memang sudah sangat jelas. Tapi, tidak mudah untuk dapat memulai apalagi membiasakan diri berolahraga. Apakah ada tips khusus yang bisa dicoba?

 

Pentingnya olahraga

Rekomendasi olahraga secara umum adalah minimal 150 menit per minggu latihan aerobik intensitas sedang (seperti berenang, berjalan cepat, senam aerobik, dan bersepeda), yang dikombinasikan dengan 2 kali per minggu latihan beban. Sudah banyak data yang menunjukkan manfaat positif rutin berolahraga untuk semua usia.

 

Salah satunya, olahraga berperan penting dalam membantu kontrol berat badan. Mereka yang rutin berolahraga juga terbukti memiliki risiko berbagai macam penyakit metabolik (seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker) yang lebih rendah. Tidak hanya itu, olahraga juga memperkuat tulang dan otot yang penting untuk mencegah jatuh di usia lanjut nanti. Manfaat olahraga pun tidak untuk kesehatan fisik saja, rutin berolahraga dapat membantu memperbaiki kualitas tidur serta menjaga suasana hati dan mengurangi risiko depresi.

 

Lebih semangat dengan musik

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa saat responden diminta untuk berolahraga treadmill, tingkat kesukaan mereka terhadap olahraga yang dilakukan ternyata lebih tinggi apabila dilakukan sembari mendengarkan musik yang mereka pilih. Hasil penelitian ini menunjukkan peranan musik untuk membuat kita lebih menyukai aktivitas olahraga. Hal ini jelas bermanfaat karena olahraga tentunya baru akan dapat dilakukan secara rutin jika disukai dan terasa menyenangkan saat dilakukan.

 

Tidak hanya itu, mendengarkan musik via telpon genggam sembari berolahraga treadmill ternyata juga berkaitan dengan kecepatan rata-rata dan denyut jantung saat treadmill yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa mendengarkan mendengarkan musik saat berolahraga ternyata bermanfaat dalam meningkatkan intensitas olahraga. Apa keuntungannya? Intensitas olahraga yang lebih tinggi tentunya berarti bahwa lebih banyak kalori yang dapat terbakar.

 

Ternyata, berolahraga sembari mendengarkan musik dapat membuat olahraga terasa lebih menyenangkan dan efektif. Pilihlah jenis olahraga yang disukai dan lakukan bersama teman atau keluarga agar terasa semakin menyenangkan! Tak kalah penting, perhatikan asupan nutrisi saat berolahraga.

 

Bagi Anda yang ingin memiliki bentuk tubuh atletis dengan massa otot kering tanpa lemak, lengkapi rutinitas olahraga dengan L-Men Platinum. L-Men Platinum merupakan suplemen sangat tinggi protein whey sebanyak 25 gram/saji yang juga mengandung L-Carnitine yang efektif membakar lemak menjadi energi, Creatine yang membantu meningkatkan energi, serta BCAA dan L-Glutamine yang berfungsi menaikkan daya tahan otot agar tidak diurai setelah berolahraga dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Now, your ideal body is just a step ahead!

References:

  1. Plos ONE (2015) doi.org/10.1371/journal.pone.0125029
  2. UK
  3. U.S. Centers for Disease Control and Prevention

Share Article:

Copyright © 2022 Nutrimart. All rights reserved.