Your Health is What You Believe

Jika ada pertanyaan tentang isi gelas yang berisi setengah air, maka dari kedua kalimat ini mana yang Anda pilih? “Setengah penuh” atau “Setengah kosong”? Pertanyaan ini biasanya muncul dalam seminar-seminar bertemakan “Positive Thinking” dan biasanya peserta akan didorong untuk membiasakan diri berpikir positif karena memberikan banyak manfaat untuk hidupnya kelak. Tahukah Anda? Hal ini ternyata juga berlaku untuk kondisi kesehatan Anda, salah satunya dalam mengontrol berat badan. Bagaimana bisa? Bicara mengenai berat badan, banyak dari kita yang berpikir kalau berat badan dipengaruhi oleh faktor genetik. Lantas menyimpulkan bahwa yang memiliki berat badan berlebih tidak bisa menurunkan berat badan karena memang sudah “dari sananya” dan menjadi sangat sulit bahkan mustahil untuk dikendalikan. Hati-hati, pemikiran negatif diatas dapat berakibat negatif terhadap pola hidup dan kondisi kesehatan Anda!


Jika Anda meyakini bahwa berat badan tidak akan turun, maka kemungkinan besar, memang tidak akan turun, karena akan memengaruhi bagaimana Anda menjalankan keseharian dan usaha dalam menurunkan berat badan. Apa yang seseorang percayai benar dapat mempengaruhi perilakunya, termasuk dalam hal pola hidup sehat. Sebuah penelitian yang mempelajari 8.821 orang subjek menunjukkan bahwa meyakini berat badan sebagai sesuatu yang tidak bisa dikontrol/diatur berkaitan dengan lebih rendahnya kebiasaan berolahraga dan pola makan sehat serta lebih tingginya frekuensi kebiasaan makan yang tidak sehat. Akibatnya, pola hidup yang tidak sehat inipun kemudian berefek negatif terhadap kondisi kesehatan secara keseluruhan. Mengerikan bukan? Hanya karena pikiran negatif, ujung-ujungnya berakibat buruk bagi kesehatan Anda.


Tidak salah untuk berpikiran bahwa faktor genetik memang mempengaruhi berat badan. Namun, bukan berarti menyerah dan menyimpulkan begitu saja bahwa hal ini tidak bisa diubah. Sudah cukup banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pola hidup sehat dapat membantu mengurangi faktor risiko seseorang. Hal pertama yang harus ditanamkan dalam pikiran kita adalah yakinkan diri sendiri bahwa Anda bisa berubah (menjadi lebih baik) sebagai motivasi dalam menjalankan pola hidup sehat. Kedua, cari informasi yang tepat untuk mengetahui fakta terkait penurunan berat badan karena seringkali beredar informasi yang salah tentang cara menurunkan berat badan yang ternyata tidak sehat. Ketiga, tentunya pilih produk-produk yang mendukung usaha kita dalam menurunkan berat badan, seperti rangkaian produk Tropicana Slim yang dapat mendukung pengontrolan asupan kalori harian Anda tanpa menghilangkan sensasi nikmatnya. Siasati asupan makanan dengan cermat agar Anda memiliki pola makan sehat, namun tetap bisa menyantap beragam makanan lezat yang menggugah selera.

 

References:

Health Education & Behavior (2015) DOI: 10.1177/1090198115602266J

Share Article:

Copyright © 2022 Nutrimart. All rights reserved.