3 Kunci Sukses Transformasimu di 2021

Happy new year 2021! Tahun baru berarti resolusi baru. Atau, lebih tepatnya, menyempurnakan resolusi tahun lalu untuk selangkah lebih dekat dengan gol Anda meraih tubuh ideal. Untuk membantu Anda menyusun strategi selama setahun penuh, kami rangkum tiga prinsip dasar menuju pembentukan tubuh ideal dalam artikel kali ini.

Olahraga

This is the cornerstone of your goal, bro! Apapun alasan Anda untuk mendapatkan tubuh ideal, olahraga adalah bagian penting yang tak bisa dilupakan. American College of Sports Medicine menyarankan untuk melatih setiap grup otot Anda minimal dua kali setiap minggu1. Gerakan-gerakan dalam artikel ini (http://www.l-men.com/exploding-movement/) bisa jadi referensi.  Jangan lupa untuk menggunakan beban maksimal untuk 8-12 repetisi, serta menaikkan beban yang Anda gunakan secara berkala. Selain melatih otot dengan latihan beban, memangkas lemak berlebih juga tidak kalah penting, bro! Kadar lemak tubuh yang tinggi, membuat otot kurang terlihat sehingga penampilan pun kurang maksimal. Oleh karena itu, penting untuk mengombinasikan latihan beban dengan latihan kardio untuk membakar lemak berlebih. Kejar minimal 150 menit latihan kardio per minggu atau 30 menit per hari dengan intensitas sedang untuk memaksimalkan pembakaran lemak Anda8,9.

Nutrisi

Olahraga saja tanpa nutrisi yang cukup tidak mungkin membuat Anda meraih tubuh ideal tahun ini. Protein memang menjadi raja dalam membentuk otot Anda, tetapi jangan sampai melupakan nutrisi lainnya. Anda tetap butuh karbohidrat untuk membentuk tubuh ideal. Kekurangan karbohidrat—yang adalah sumber energi utama tubuh—bisa memaksa tubuh untuk mengurai otot Anda. Pilihlah karbohidrat kompleks (beras merah, oat, dan roti gandum) dan hindari makanan bergula tinggi untuk mencegah kelebihan karbohidrat yang nantinya akan disimpan menjadi lemak. Vitamin dan mineral juga tidak kalah penting untuk menjaga proses kinerja tubuh berjalan dengan normal; termasuk vitamin D, kalsium, dan zat besi yang berfungsi menjaga kinerja tulang dan otot yang diperlukan dalam berolahraga untuk menunjang impian tubuh idealmu2,3.

Istirahat

Memang, dibandingkan tumpukan pekerjaan atau ajang Piala Eropa, tidur malam yang berkualitas tampak tidak menarik. Namun, ini yang harus Anda tahu: saat tidur adalah saat otot tubuh Anda diperbaiki dan dibangun. Pastikan Anda memiliki jadwal tidur teratur serta tidur 7-9 jam setiap harinya. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko penimbunan lemak, menurunkan massa otot, menurunkan kadar hormon yang penting dalam pembentukkan otot, dan menurunkan performa kekuatan otot. Tentunya semua hal ini membuat Anda makin jauh dari target tubuh ideal4,5,6,7.

Tahun ini, tak ada alasan untuk tidak mendapat tubuh atletis ideal. Setuju? Untuk mendukung resolusi kamu, kamu bisa menggunakan produk L-men Platinum Choco Latte Box (6sch).

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

Ref:

1About.com Weight Training. 2009. General Principles of Muscle Building.

2Vitamins, minerals, and exercise. 2006. Sports Nutrition: A Practice Manual for Professionals.

3Vitamin, mineral, and antioxidant needs of athletes. 2006. Clinical Sports Nutrition.

4Annals of Internal Medicine (2010), 153(7), 435

5JAMA (2011), 305(21), 2173

6Journal of musculoskeletal & neuronal interactions (2017), 17(4), 327–333.

7Current Sports Medicine Reports (2017), 16(6), 413–418.

8Kementerian Kesehatan Indonesia

9World Health Organization

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.