COVID-19: Antisipasi Risiko Komplikasi dengan Jaga Asupan Gula, Garam & Lemak

Menjaga asupan gula, garam, dan lemak harian sangat penting untuk menjaga kesehatan kita, apalagi pada kondisi epidemi COVID-19 sekarang ini. Bagaimana hubungannya?

Tingkat Fatalitas yang Lebih Tinggi

Sebuah penelitian yang mempelajari kasus positif COVID-19 di provinsi Hubei mencatat, bahwa tingkat kematian akibat COVID-19 lebih tinggi pada mereka yang memiliki riwayat penyakit kronis (seperti diabetes dan penyakit jantung) dibandingkan mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit kronis. Tingkat kematian akibat COVID-19 pada mereka yang tidak memiliki penyakit kronis sebesar 0,9%. Tingkat kematian akibat COVID-19 pada mereka yang memiliki diabetes 8 kali lebih besar, yaitu 7,3%, sedangkan pada mereka yang memiliki penyakit jantung bisa 10 kali lipat lebih besar, yaitu 10,5%.

Gejala dan komplikasi lebih parah pada diabetes bisa terjadi karena kadar gula darah yang tidak dikontrol. Hal ini meningkatkan risiko komplikasi diabetes yang dapat memperburuk kondisi, dan dapat menurunkan kemampuan tubuh melawan infeksi. Apabila kadar gula darah dapat dikontrol dengan baik, risiko ini bisa ditekan.

Efek spesifik COVID-19 terhadap sistem kerja jantung masih belum diketahui, namun ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi mereka yang memiliki riwayat sakit jantung. Karena menyerang paru-paru, infeksi COVID-19 mengakibatkan jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah beroksigen ke seluruh jaringan tubuh. Kondisi ini bisa sangat merugikan dan berbahaya untuk mereka yang punya riwayat sakit jantung. Sama seperti diabetes, sakit jantung juga berkaitan dengan turunnya fungsi sistem kekebalan tubuh.

Jaga Dari Sekarang

Karena itu, selain menjaga kebersihan diri dan melakukan physical distancing untuk mengurangi risiko infeksi COVID-19, penting juga untuk kita mengurangi risiko penyakit kronis. Hidup lebih sehat adalah kuncinya. Batasi konsumsi gula, garam dan lemak. Ganti gula dengan pemanis rendah kalori, dan masak makanan di rumah dengan bahan makanan yang lebih rendah lemak. Penuhi juga asupan nutrisi lainnya agar daya tahan tubuh tetap kuat, dan rutin berolahraga, serta istirahat yang cukup. Lindungi diri Anda dan keluarga, terutama bagi yang sudah memiliki riwayat penyakit kronis. Berikan support penuh dan teruskan informasi yang tepat sehingga mereka bisa lebih berhati-hati.

Penyakit kronis mungkin bisa memperparah keadaan, tapi selalu ada harapan untuk keadaan yang lebih baik, karena manisnya hidup kita yang tentukan!

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.