Batasi Media Sosial, Jaga Kesehatan Mental

Sebuah penelitian terhadap 403 orang responden menunjukkan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan di media sosial akan menyebabkan berkurangnya interaksi dan dukungan sosial secara langsung. Hal ini kemudian berkaitan dengan kondisi kesehatan mental yang lebih buruk. Hasil penelitian ini sesuai dengan data lain yang menunjukkan bagaimana pembatasan penggunaan media sosial selama 3 minggu dapat berkaitan dengan penurunan rasa kesepian dan tingkat depresi yang merupakan indicator dari kesehatan mental.

 

Media sosial sesungguhnya dapat menjadi salah satu metode untuk berinteraksi dengan orang lain, namun interaksi yang dilakukan melalui media sosial bersifat terbatas sehingga teramati tidak dapat memberikan efek positif terhadap kesehatan mental. Sebaliknya, interaksi dan dukungan sosial secara langsung ditemukan berkaitan positif dengan tingkat kesehatan mental yang lebih baik.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya membatasi penggunaan media sosial dan meningkatkan interaksi sosial secara langsung dapat bermanfaat untuk kesehatan mental. Beberapa tips yang dapat dicoba untuk membatasi penggunaan media sosial antara lain non-aktifkan fitur notifikasi pada smartphone, gunakan aplikasi untuk mencatat dan membatasi waktu penggunaan media sosial, pasang fitur batasan waktu untuk aplikasi media sosial, letakkan gadget di luar kamar, serta cari hobi lain yang dapat mengalihkan kita dari sosial media. Tak lupa, luangkan waktu untuk berinteraksi langsung dengan orang terdekat misal dengan melakukan hobi bersama atau berolahraga bersama.

 

Selain menjaga kesehatan mental, agar bisa selalu menjaga interaksi langsung dengan beraktivitas bersama orang terdekat, kesehatan tulang dan sendi juga perlu dijaga. Tulang dan sendi berperan penting dalam mendukung struktur dan pergerakan tubuh. Untuk itu, menjaga kesehatan tulang dan sendi penting agar kita bisa bebas bergerak dan beraktivitas tanpa gangguan.

 

Jaga kesehatan tulang dan sendi dengan HiLo Active, susu tinggi kalsium dan lebih rendah lemak untuk usia aktif yang dilengkapi dengan glukosamin, 100% AKG vitamin D, dan mineral organik dari Algae Merah untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian. Dan bagi yang berusia senior, jaga kesehatan tulang dan sendi dengan minum HiLo Gold tiap hari, susu tinggi kalsium dan lebih rendah lemak dilengkapi dengan Glukosamin dan formula NUTRIFIT yang memenuhi 100% AKG vit B1, B3, B6 dan D untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

References:

  1. Addictive Behaviors (2021) DOI: 10.1016/j.addbeh.2021.106949

Share Article:

All rights reserverd.