Bikin Otot Makin Besar Dengan BCAA?

Demi mencapai perkembangan massa otot yang maksimal, banyak di antara kita mendedikasikan diri dalam dunia kebugaran dan olahraga serta menimbang-nimbang makanan dan minuman yang kita konsumsi. Salah satu saran-saran yang beredar adalah dengan suplementasi BCAA (Branch-chained amino acid) atau asam amino rantai bercabang sebagai pilihan yang menjanjikan untuk meningkatkan massa otot dengan optimal. Memang betul, BCAA yang meliputi leusin, isoleusin, dan valin, mampu mendukung pertumbuhan otot dan memfasilitasi proses pemulihan otot setelah latihan intensif. Namun, seperlu itukah suplementasi BCAA dilakukan untuk mendapat manfaat lebih bagi perkembangan otot kita? atau ternyata cukup mengonsumsi protein berkualitas saja sudah cukup?

Ternyata sebuah review yang diterbitkan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism menyimpulkan bahwa suplementasi BCAA jika dibarengi dengan asupan protein berkualitas (yang juga mengandung BCAA) ternyata tidak memberikan manfaat tambahan untuk perkembangan massa otot. Dari berbagai studi yang membandingkan konsumsi whey protein dan tambahan BCAA dengan whey protein saja, keduanya memberikan efek peningkatan massa otot yang signifikan bila dibandingkan dengan yang tidak mencukupi kebutuhan protein, tapi tidak didapatkan adanya perbedaan signifikan di antara keduanya.

Hasil review ini menunjukkan bahwa asupan protein yang cukup dan berkualitas telah mengakomodasi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan otot, termasuk kebutuhan BCAA di dalamnya. Oleh karena itu kita perlu memerhatikan asupan nutrisi yang menjadi faktor penentu dalam mencapai tujuan pertumbuhan massa otot yang diinginkan. Jangan sampai keliru dan malah menyia-nyiakan apa yang seharusnya tidak kita perlukan. Pilihlah nutrisi yang tepat dan benar-benar kita perlukan untuk memaksimalkan pertumbuhan otot kita, salah satunya whey protein yang merupakan protein berkualitas.

Whey protein merupakan salah satu sumber protein dengan kandungan BCAA yang tinggi. Dengan mengonsumsi whey protein, kamu tidak memerlukan suplementasi BCAA untuk memaksimalkan pertumbuhan massa otot kamu. L-Men Platinum, susu tinggi protein dengan 100% whey protein (25 gram protein persaji), dapat menjadi pilihan asupan protein untuk bantu mencukupi kebutuhan protein harian kamu. Ingat juga untuk tetap menjaga pola olahraga, pola makan seimbang, serta istirahat yang cukup untuk memaksimalkan pertumbuhan ototmu. Trust me it works!

 

Ref:

International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism, 2021, 31(3), 292-301. https://doi.org/10.1123/ijsnem.2020-0356

Share Article:

All rights reserverd.