Buah dan Sayur Tangkal Stress

Konsumsi buah dan sayur merupakan bagian penting dalam pola makan sehat. Buah dan sayur umumnya lebih rendah kalori, namun kaya akan nutrisi termasuk serat yang penting untuk kesehatan pencernaan serta berbagai macam vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh seperti vitamin C. Tidak hanya itu, konsumsi buah dan sayur juga dapat berefek positif untuk kesehatan mental kita.

 

Buah dan sayur untuk kesehatan mental

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 8.600 responden berusia 25-91 tahun menunjukkan bagaimana konsumsi buah dan sayur sesuai rekomendasi terkait dengan kesehatan mental yang lebih baik. Mereka yang mengonsumsi minimal 470 gram buah dan sayur per hari memiliki tingkat stress hingga 10% lebih rendah, apabila dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kurang dari 230 gram buah dan sayur per hari.

 

Buah dan sayur kaya nutrisi

Manfaat konsumsi buah dan sayur terhadap kesehatan mental ini belum diketahui pasti mekanismenya. Namun, diduga berkaitan dengan tingginya kandungan zat gizi penting pada buah dan sayur seperti vitamin, mineral, senyawa flavonoid, dan senyawa karetonoid yang dapat mengurangi tingkat peradangan dan kerusakan oksidatif di dalam tubuh.

 

Buan dan sayur memang merupakan sumber vitamin dan mineral yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh, misalnya vitamin C. Vitamin C berperan penting dalam banyak fungsi tubuh, termasuk berperan sebagai antioksidan dan diperlukan untuk kerja sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya vitamin dan mineral, buah dan sayur juga kaya serat yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

 

Penuhi kebutuhan buah dan sayur

Berdasarkan Tumpeng Gizi Seimbang, disarankan untuk mengonsumsi buah sebanyak 2-3 porsi per hari dan sayur sebanyak 3-5 porsi per hari. Dan WHO sendiri merekomendasikan konsumsi minimal 400 gram per hari buah dan sayur untuk bisa mendapatkan manfaat kesehatan dan nutrisi yang cukup. Variasikan jenis buah dan sayur yang dikonsumsi setiap hari untuk mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan tubuh. Pastikan juga untuk rutin berolahraga, melakukan hobi yang disukai, dan menjaga hubungan sosial dengan orang terdekat untuk menjaga kesehatan mental secara menyeluruh. Lengkapi juga kebutuhan vitamin harian dengan Nutrisari, minuman serbuk dari sari buah alami dengan rasa yang enak dan menyegarkan. Nutrisari bantu penuhi 100% kebutuhan vitamin C, diperkaya dengan vitamin A, B1, B3, B6, asam folat, D dan E, juga mineral kalsium dan fosfor. Nutrisari juga diolah dengan teknologi tinggi (granulasi dan enkapsulasi) sehingga kualitas produk tetap terjaga.

 

References:

  1. Clinical Nutrition (2021) DOI: 10.1016/j.clnu.2021.03.043
  2. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  3. World Health Organization

Share Article:

All rights reserverd.