Cara Efektif Menurunkan Berat Badan : Olahraga Vs Diet

“Mana yang lebih efektif? olahraga atau mengatur diet?”

Pertanyaan ini sering sekali terlontar dari orang-orang yang sedang berupaya menurunkan berat badan a.k.a sedang diet. Saat menjalankan program penurunan berat badan, banyak cara yang dilakukan, beberapa memilih untuk mengubah diet seperti mengurangi kalori, sementara yang lain memilih untuk berolahraga lebih sering. Lantas apa jawabannya? Jawabannya adalah melakukan keduanya!

 

Mengatur diet dan melakukan olahraga sesungguhnya memberikan hasil yang lebih efektif dalam menurunkan berat badan. Sebuah review pada Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menunjukkan bagaimana kombinasi pengaturan diet dan rutin berolahraga terbukti lebih efektif dalam membantu penurunan berat badan, dibandingkan dengan berolahraga saja. Efek positif ini bahkan teramati baik dalam jangka pendek (3-6 bulan) maupun jangka panjang (12 bulan)

 

Upaya untuk menurunkan berat badan tidak hanya harus dilakukan secara konsisten, tetapi juga dengan cara yang tepat. Pastikan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya, dan tingkatkan intensitas secara bertahap agar penurunan berat badan tetap terjaga. Kebutuhan nutrisi juga jangan sampai terlewat. Jangan sampai kita fokus hanya pada angka timbangan tetapi luput untuk memenuhi nutrisi yang sebenarnya kita butuhkan. Untuk mengatur diet, mulailah dengan hal-hal sederhana seperti mengurangi minuman manis tinggi gula, menghindari gorengan, memperbanyak buah dan sayur, tidak makan sembari beraktivitas yang lain (kerja/menonton), serta membuat jadwal makan yang rutin.

 

Yang seringkali terlewatkan adalah asupan protein yang juga berkurang seiring dengan pengurangan jumlah makanan. Protein sangatlah penting untuk berbagai kinerja proses dalam tubuh, seperti pembentukkan sel daya tahan tubuh serta menjaga massa otot. Tentunya kamu tidak mau berat badan berkurang tetapi massa ototmu juga berkurang bukan? Pastikan kebutuhan proteinmu terpenuhi selagi kamu menjalankan program penurunan berat badan. L-Men Lose Weight bantu kamu mencapai berat badan ideal sekaligus mencukupi kebutuhan protein harian. Trust me it works!

 

References :

  1. Acad Nutr Diet (2014) 114(10):1557-68.
  2. NHS UK
  3. CDC.gov
  4. The American journal of clinical nutrition, 101(6), 1320S–1329S.

Share Article:

Copyright © 2022 Nutrimart. All rights reserved.