Cara Meningkatkan Tinggi Badan Optimal

Pertumbuhan tinggi badan di masing-masing anak dan remaja dapat bervariasi antar individu. Hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik, nutrisi, dan faktor lingkungan. Apa yang bisa dilakukan agar pertumbuhan tinggi badan bisa optimal?

 

Masa pertumbuhan tinggi badan

Secara umum, laju pertumbuhan tinggi badan seorang anak adalah sekitar 5-6 cm/tahun pada usia 2 tahun hingga masa pubertas. Pubertas biasa terjadi pada usia 10-19 tahun, dan bisa bervariasi bergantung pada masing-masing anak. Selama masa pubertas inilah pertumbuhan terjadi sangat cepat yang dikenal sebagai momen tumbuh tinggi maksimal atau growth spurt.

 

Momen tumbuh tinggi maksimal ini bervariasi, tapi umumnya berkisar pada usia 12.5 tahun di remaja perempuan dan berkisar pada usia 14 tahun di remaja laki-laki. Setelah itu laju penambahan tinggi badan akan melambat lho. Selama masa ini pertumbuhan terjadi sangat cepat, dimana tinggi badan dapat bertambah hingga 23-28 cm di anak perempuan dan 26-28 cm di anak laki-laki. Sesudah masa ini, pertumbuhan tinggi badan akan melambat sebelum kemudian terhenti pada usia dewasa.

 

Kunci tumbuh optimal

Agar pertumbuhan dan perkembangan di masa anak-anak dan remaja bisa optimal, pola hidup sehat jelas penting. Salah satunya, pastikan untuk selalu rutin bergerak minimal 60 menit per hari dengan tingkat intensitas sedang, serta dikombinasi dengan 3 kali per minggu olahraga untuk memperkuat tulang (berlari atau melompat) dan 3 kali per minggu latihan pembentukan otot.

 

Pastikan juga tidur yang cukup dan berkualitas, yaitu 8-10 jam setiap malam. Untuk tidur yang lebih baik cobalah membuat jadwal tidur dan bangun yang rutin setiap hari, lakukan kegiatan menenangkan sebelum tidur agar lebih mudah tertidur pulas, pastikan kondisi ruang tidur tenang dan gelap, serta hindari menggunakan gadget atau peralatan elektronik minimal 30 menit sebelum waktu tidur.

 

Selain itu, pola makan sehat juga sangat penting. Pilihlah makanan kaya nutrisi yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan semua nutrisi yang penting untuk pertumbuhan, termasuk kalsium. Mengapa memenuhi kebutuhan kalsium di masa pertumbuhan penting dilakukan? Kalsium adalah salah satu mineral penyusun tulang yang penting untuk pembentukan tulang yang sehat dan kuat. Karena tubuh tidak dapat menghasilkan kalsium, kebutuhan kalsium harus dipenuhi dari makanan misalnya susu yang tinggi kalsium.

 

HiLo Teen bisa menjadi pilihan susu tinggi kalsium yang sesuai untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Minum Susu HiLo Teen setiap hari, susu tinggi kalsium dan lebih rendah lemak dengan rasa yang enak untuk bantu penuhi nutrisi harian. HiLo Teen juga dilengkapi dengan 12 vitamin dan 5 mineral dengan rasa yang enak mulai dari Chocolate, Vanilla Caramel, Yoghurt Banana, hingga Taro. HiLo Teen, Tumbuh Tuh Ke Atas!

 

References:

  1. Hopkins Medicine
  2. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  3. US Centers for Disease Control and Prevention
  4. National Sleep Foundation
  5. org
  6. Guidelines for Adolescent Nutrition Services

 

Share Article:

All rights reserverd.