Diabetesi Boleh Kah Berpuasa?

Bulan yang selalu ditunggu oleh seluruh umat Muslim tentunya bulan suci Ramadhan. Pada bulan suci Ramadhan, kita diberikan kesempatan untuk lebih meningkatkan ketakwaan serta merupakan waktu yang penting untuk beribadah dengan lebih baik. Salah satunya, dengan berpuasa sepanjang hari guna menahan haus, lapar, dan hawa nafsu selama bulan suci Ramadhan ini. Tapi, bagaimana dengan diabetesi? Apakah diabetesi bisa berpuasa?

Sebenarnya, pertanyaan di atas tidak dapat dijawab secara umum dan sama untuk semua diabetesi. Hal ini disebabkan karena kemampuan diabetesi untuk berpuasa akan bergantung pada kondisi masing-masing diabetisi. Perlu diketahui bahwa kondisi diabetisi dapat berbeda antara satu dengan yang lain. Untuk itu, penting bagi diabetesi agar memeriksakan kondisi dirinya dan berkonsultasi dengan dokter yang merawat sebelum menjalankan ibadah puasa.

Jika Anda sudah berkonsultasi dengan dokter dan dinyatakan siap menjalankan ibadah puasa, ada beberapa tips yang dapat dijalankan agar diabetesi dapat berpuasa dengan baik. Pertama, cobalah untuk berpuasa beberapa hari sebelum masuk ke dalam periode bulan puasa. Hal ini akan bermanfaat dalam mengetahui kemampuan tubuh Anda sebelum benar-benar menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Saat berpuasa, pastikan untuk rutin memeriksa kadar gula darah secara berkali. Hal ini untuk memastikan bahwa kadar gula darah tidak melonjak turun ataupun naik selama berpuasa. Apabila kadar gula darah sudah terlalu rendah ataupun tinggi, disarankan untuk segera berbuka puasa dan menghubungi tenaga kesehatan.

Selalu jalankan pola makan sehat dan seimbang setiap hari. Konsumsilah makanan yang kaya nutrisi dan bervariasi di saat sahur dan berbuka. Pilihlah sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat dan lebih lambat dicerna. Tak lupa, tetap batasi makanan yang tinggi lemak seperti gorengan dan makanan bersantan. Pastikan juga untuk cukup minum saat sahur dan berbuka puasa. Tak kalah penting, batasi juga cemilan dan minuman manis yang umum tersedia saat buka puasa karena tinggi gula dan kalori tanpa kandungan nutrisi yang cukup.

Sulit menghindari rasa manis saat berbuka puasa? Coba produk-produk bebas gula dari Tropicana Slim dengan rasa yang enak namun tidak mengandung gula. Produk bebas gula Tropicana Slim menggunakan pemanis rendah kalori yang telah dinyatakan aman oleh berbagai lembaga kesehatan dunia dan tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang signifikan.

Variasi produk Tropicana Slim juga memberikan banyak pilihan untuk segala hidangan dan suasana seperti Tropicana Slim Sweetener untuk secangkir teh hangat saat berbuka, Tropicana Slim Sweet Orange dengan rasa jeruk yang nikmat dan segar, atau Tropicana Slim Topping Kental Manis yang nikmat dan cocok digunakan bersama makanan penutup atau minuman favorit.

References:

  1. UK
  2. International Diabetes Federation

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.