Healthy Habit, Happy Family

Peran orangtua dalam pertumbuhan dan perkembangan anak jelas sangat besar, termasuk dalam membangun kebiasaan makan yang sehat. Kebiasaan makan sehat sejak dini ini jelas bermanfaat untuk menjaga kesehatan saat dewasa, di antaranya menjaga kebugaran tubuh serta menurunkan risiko kegemukan dan penyakit jantung nantinya1.

 

Untuk membangun kebiasaan makan yang sehat, memperhatikan jenis makanan yang disajikan dan diperkenalkan kepada anak sangatlah penting. Pastikan untuk rutin menyajikan berbagai macam makanan yang sehat dan kaya nutrisi di setiap waktu makan. Dorong anak untuk memutuskan sendiri jenis makanan yang akan dikonsumsi, namun tentunya selalu berikan pilihan makanan yang terfokus pada makanan sehat. Hindari membuat aturan ketat mengenai jenis makanan yang harus dikonsumsi tanpa pilihan atau memaksakan jumlah makanan yang harus dihabiskan1.

 

Selain itu, mengajarkan dan memberi contoh cara makan yang tepat sejak dini juga harus dilakukan. Berilah contoh dengan juga rutin mengonsumsi makanan sehat. Ingat bahwa anak-anak memiliki kecenderungan untuk mengikuti kebiasan dan rutinitas yang kita lakukan1.

 

Beberapa tips yang dapat dicoba untuk membangun kebiasaan makan sehat sejak dini antara lain1,2:

  • Membuat jadwal makan yang rutin setiap harinya.
  • Berikan berbagai pilihan makanan sehat dengan sering menyajikan makanan sehat baru untuk dicoba agar anak dapat memilih yang lebih mereka sukai.
  • Beri contoh dengan selalu memilih makanan sehat saat makan bersama anak dan tunjukkan bahwa makanan sehat juga enak dikonsumsi.
  • Rutin makan bersama keluarga tanpa gangguan gadget dan televisi.
  • Ajak anak menanam buah dan sayur bersama di kebun, serta memasak bersama menu-menu sehat.
  • Kombinasikan pola makan sehat dengan mengajak anak untuk rutin berolahraga dan aktif bergerak setiap harinya.

 

Selain menyajikan makanan sehat kaya nutrisi yang bervariasi, susu HiLo School juga dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian anak guna mendukung kebiasaan harian yang sehat. Susu HiLo School tinggi kalsium dan rendah lemak dengan rasa paling enak untuk tumbuh ke atas ga ke samping. Pilihan varian rasanya juga banyak mulai dari Chocolate, Honey, Vanilla Vegiberi, Vanilla, dan kemasan siap minum Vegiberi!

 

References:

  1. Kansas State University
  2. American Heart Association

Share Article:

All rights reserverd.