Jaga Kolesterol dan Tekanan Darah Sejak Dini: Mengapa dan Bagaimana?

Siapa yang masih berpikir menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi hanya perlu menjadi perhatian mereka yang usianya sudah beranjak tua? Studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology menyoroti hubungan antara kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi dengan risiko penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis, bahkan pada subjek usia muda. Temuan ini menegaskan pentingnya memperhatikan kesehatan kardiovaskular sejak dini, termasuk selalu menjaga kondisi kolesterol dan tekanan darah.

Faktor risiko utama seperti pola makan tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko kolesterol dan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, melakukan gaya hidup sehat sejak dini menjadi krusial dalam mengurangi potensi risiko aterosklerosis!

Apa saja yang dapat dilakukan sebagai bagian dari gaya hidup sehat?

  1. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kolesterol dan tekanan darah tinggi. Menjaga berat badan ideal melalui olahraga teratur dan pola makan seimbang dapat membantu mengurangi risiko tersebut.
  2. Berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mengendalikan tekanan darah serta kolesterol. Jenis olahraga seperti jogging, lari, bersepeda, atau berenang dapat menjadi pilihan yang baik.
  3. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, makanan kaya serat dan rendah lemak jenuh dapat membantu mengontrol kolesterol dan tekanan darah.

Selain itu, American Heart Association memberikan sejumlah tips memasak sehat yang bisa kita ikuti untuk menjaga kolesterol dan tekanan darah dalam kondisi normal:

  1. Menambahkan warna pada masakan dengan banyak sayur dan buah bukan hanya membuatnya lebih menarik, tetapi juga menyediakan beragam nutrisi yang penting.
  2. Batasi penambahan garam, kecap, dan saus tinggi garam. Pilih produk dengan kadar garam rendah atau gunakan rempah-rempah untuk memberi rasa pada masakan.
  3. Saat memasak dengan daging, pilih bagian yang lebih rendah lemak dan buang bagian kulitnya. Alternatif sumber protein seperti ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan juga dapat dijadikan pilihan lebih sehat.
  4. Menggoreng secara berlebihan dapat meningkatkan asupan lemak harian. Gantilah dengan cara masak yang lebih sehat seperti memanggang, merebus, atau mengukus. Gunakan minyak goreng yang lebih rendah lemak jenuh atau lemak jahat seperti minyak canola, minyak jagung, dan minyak zaitun.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, kita dapat menjaga kadar kolesterol darah dan tekanan darah sejak usia dini, menjaga kesehatan kardiovaskular, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Masak lebih sehat di rumah kini jadi lebih mudah dengan pilihan produk masak yang lebih sehat dari Tropicana Slim. Tropicana Slim Corn Oil atau Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil yang rendah lemak jenuh bisa jadi alternatif untuk menumis atau menggoreng. Tropicana Slim Santan, Tropicana Slim Kecap dan Tropicana Slim Saus Tiram yang lebih rendah garam, bisa diandalkan untuk membuat hidangan penuh cita rasa.

Referensi:

Share Article:

All rights reserverd.