Kaldu Ternyata Tinggi Garam

Saat memasak, kaldu bubuk menjadi salah satu bahan masakan yang umum digunakan. Kaldu bubuk memang dapat memberikan rasa gurih pada berbagai macam masakan dengan lebih praktis. Tapi dibalik kemudahan penggunaan serta rasanya yang enak dan gurih, kaldu bubuk ternyata bisa mengganggu kesehatan jika penggunaannya tidak dibatasi dengan baik. Hal ini terkait dengan tingginya kandungan garam pada kaldu bubuk. Ingat, konsumsi garam berlebih dapat berkaitan dengan peningkatan tekanan darah dan risiko hipertensi.

 

Garam pada kaldu bubuk

Kaldu bubuk terbuat dari campuran ekstrak sayuran dan/atau daging, garam, monosodium glutamat, serta bumbu lainnya. Kaldu bubuk umumnya diperoleh dari kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu ikan, atau kaldu jamur. Kaldu bubuk menjadi popular karena dapat memberikan rasa asin dan gurih pada masakan dengan lebih praktis dan mudah.

 

Tapi sayangnya, kaldu bubuk dapat menyimpan bahaya kesehatan jika penggunaannya saat memasak tidak diperhatikan dengan baik. Hal ini disebabkan karena kaldu bubuk sesungguhnya tinggi garam. Data pada Frontiers in Nutrition menunjukkan bahwa garam merupakan salah satu komponen utama pada kaldu bubuk, dimana kaldu bubuk dapat mengandung 40-60% garam.

 

Data lain pada Open Journal of Nutrition and Food Sciences bahkan menunjukkan angka yang lebih tinggi. Pada penelitian ini, kandungan garam pada kaldu bubuk dapat mencapai 40-76% garam dengan nilai rata-rata kandungan garam pada sampel kaldu bubuk yang dipelajari sebesar 64%. Artinya, 1 sendok teh (5 gram) kaldu bubuk dapat mengandung lebih dari 3 gram garam.

 

Garam berlebih dan hipertensi

Perlu diingat bahwa rekomendasi batas asupan garam harian hanyalah maksimal 5 gram garam per hari. Hal ini jelas menunjukkan bahwa penggunaan kaldu bubuk yang tidak dibatasi dengan baik dapat menyebabkan asupan garam harian kita melonjak. Padahal, asupan garam harian penting dibatasi karena dapat memengaruhi tekanan darah dan risiko hipertensi.

 

Data sudah menunjukkan bahwa asupan garam berlebih berkaitan dengan peningkatan tekanan darah dan risiko hipertensi. Hipertensi penting diperhatikan karena dapat menyebabkan komplikasi kesehatan dan dapat berakibat fatal. Beberapa komplikasi kesehatan akibat hipertensi misalnya penyakit jantung, stroke, serta gangguan ginjal. Hipertensi juga sering timbul tanpa gejala sehingga hipertensi umum dikenal sebagai pembunuh senyap.

 

Untuk itu, penting memerhatikan bumbu masakan yang digunakan termasuk kandungan garam pada kaldu bubuk untuk menjaga tekanan darah dan menekan risiko hipertensi. Pilih kaldu yang lebih rendah garam sebagai pilihan yang lebih baik untuk menekan risiko hipertensi. Salah satunya, Tropicana Slim Bumbu Kaldu Ayam & Jamur yang merupakan ekstrak ayam dan jamur pilihan yang memberikan rasa gurih umami yang nikmat dan aroma khas yang lezat untuk masakan nikmat bagi keluarga. Tropicana Slim Bumbu Kaldu Ayam & Jamur lebih rendah garam dan tanpa MSG sehingga cocok untuk mendukup hidup yang lebih sehat guna menekan risiko hipertensi tanpa perlu mengorbankan rasa. Tetap enak, namun lebih sehat untuk hipertensi dengan Tropicana Slim Bumbu Kaldu Ayam & Jamur.

 

References:

  1. Frontiers in Nutrition (2022) doi: 10.3389/fnut.2022.746018
  2. Open Journal of Nutrition and Food Sciences 2020 2(1): 1012
  3. American Heart Association
  4. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Share Article:

All rights reserverd.