Kebiasaan Tidur Cukup Bisa Bantu Diet?

Untuk menjalankan pola hidup sehat, penting untuk mengadopsi kebiasaan tidur yang baik. Kebiasaan tidur yang cukup dan berkualitas dapat menjadi kunci dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Terlebih lagi, kebiasaan tidur yang baik juga dapat berdampak positif pada pola makan dan aktivitas fisik kita sehari-hari.

Sebuah penelitian yang melibatkan 125 responden dengan berat badan berlebih menemukan hubungan antara kebiasaan tidur yang baik dan keberhasilan dalam menjalankan program penurunan berat badan. Data sebelumnya juga menunjukkan bahwa kurang tidur dapat berhubungan dengan pemilihan makanan yang lebih tidak sehat. Dengan demikian, tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu kita dalam menjaga pola makan yang sehat.

Selain itu, seiring bertambahnya usia, komposisi tubuh kita cenderung mengalami perubahan. Hal ini terlihat dari berkurangnya proporsi massa otot dan peningkatan proporsi lemak tubuh. Penurunan massa otot bahkan sudah mulai terjadi sekitar usia 30 tahun. Perubahan ini tidak hanya memengaruhi penampilan fisik, tetapi juga dapat memengaruhi laju metabolisme tubuh. Perubahan komposisi tubuh yang terjadi seiring bertambahnya usia dapat menyebabkan penurunan laju metabolisme, yang pada akhirnya dapat berdampak pada kenaikan berat badan.

Namun, dengan menjalankan pola hidup sehat yang melibatkan kebiasaan tidur yang baik, kita dapat menekan risiko kenaikan berat badan seiring bertambahnya usia. Menjaga berat badan yang stabil sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit metabolik seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.

Bagi mereka yang berusia lanjut, penting untuk mengkombinasikan berbagai jenis latihan dalam rutinitas olahraga, termasuk latihan aerobik dan latihan otot. Latihan otot memiliki peran khusus dalam menjaga massa dan kekuatan otot yang diperlukan untuk mendukung pergerakan saat beraktivitas. Beberapa contoh latihan otot yang dapat dilakukan adalah latihan beban, sit-up, dan push-up.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, memenuhi kebutuhan protein juga penting untuk menjaga massa dan kekuatan otot. Salah satunya, dengan mengonsumsi susu dewasa yang kaya nutrisi seperti HiLo Platinum. HiLo Platinum merupakan susu lebih tinggi kalsium dan tinggi protein sehingga cocok bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

Reference:

  • American Heart Association
  • Heart Foundation

Share Article:

All rights reserverd.