Kurangi Risiko Terkena Hipertensi

Sering penasaran kenapa dokter menyarankan banyak orang tua untuk menghindari garam berlebih? Yah, seharusnya bahkan sedari muda kita perlu menghindari konsumsi garam berlebih. Mengapa? Karena konsumsi makanan tinggi garam selama bertahun-tahun bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, seperti dikatakan dalam jurnal Circulation1. Sebenarnya, apa sih garam itu?

 

Garam (atau garam dapur) sebenarnya merupakan gabungan dari mineral Natrium (Na) dan Chlorida (Cl). Kedua mineral ini sebenarnya dibutuhkan dalam tubuh, terutama untuk menjaga kesetimbangan cairan. Namun, apabila dikonsumsi berlebihan, garam dapat berkontribusi menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Batas aman konsumsi garam harian adalah lima gram, setara dengan satu sendok teh2. Lebih jauh lagi, makanan yang dikategorikan rendah garam harus mengandung kurang dari 5% batas atas tersebut3.

 

Namun, pilihan makanan modern—terutama yang instan dan siap saji—menggunakan banyak sekali garam. Bahkan jauh melebihi batas aman 5% tadi. Karena itu, yuk sama-sama kurangi makanan olahan serta pilih makanan yang lebih sehat untuk sehari-hari.

 

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa berbelanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 20%! Kode CEGAHHIPERTENSI bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart!

 

Ref:

1 http://www.sciencedaily.com/releases/2012/06/120618161714.htm

2 Strazzullo P, D’Elia L, Kandala N-B, Cappuccio FP. 2009. Salt intake, stroke, and cardiovascular disease: meta-analysis of prospective studies. BMJ 339:b4567

3 http://www.webmd.com/fda/lowering-salt-your-diet

 

Share Article:

All rights reserverd.