Lebih Sehat dengan Pemanis Rendah Kalori

Tahukah Anda bahwa banyak gula tersembunyi di makanan dan minuman sekitar kita? Padahal, batas asupan gula harian kita berdasarkan anjuran Kementerian Kesehatan Indonesia hanyalah maksimal 4 sendok makan per hari. Untungnya, kini tersedia pemanis rendah kalori yang bisa menjadi alternatif untuk memberikan rasa manis yang lebih sehat. Tapi, benarkah pemanis rendah kalori aman dikonsumsi? Bagimana jika memasak, apakah pemanis rendah kalori bisa digunakan untuk memasak? Mari kita kupas fakta mengenai pemanis rendah kalori!

Pemanis rendah kalori tidak boleh dikonsumsi karena tidak alami

Hal ini TIDAK BENAR. Tidak perlu khawatir mengonsumsi pemanis rendah kalori karena pemanis rendah kalori yang telah diijinkan (seperti sukralosa, stevia, dan asesulfam-K) dan dikonfirmasi keamanannya oleh berbagai lembaga kesehatan (termasuk BPOM Indonesia) itu aman dikonsumsi sesuai batas yang ditetapkan1,2.  

Pemanis rendah kalori tidak bisa digunakan untuk memasak karena tidak tahan panas

Hal ini juga MITOS. Beberapa jenis pemanis memang memiliki sifat tidak tahan panas sehingga kurang sesuai untuk digunakan dalam membuat kue. Namun, terdapat beberapa jenis pemanis yang memiliki ketahan panas yang baik misalnya sucralose. Sucralose memiliki ketahanan terhadap panas yang baik, dimana sucralose tetap memiliki rasa manis meskipun digunakan pada suhu tinggi seperti saat memanggang sehingga cocok digunakan sebagai pengganti gula pada produk yang dipanggang3.

Pemanis rendah kalori dapat menjadi alternatif rasa manis lebih sehat

Hal ini BENAR. Pemanis rendah kalori memiliki tingkat kemanisan yang lebih tinggi dibandingkan gula pasir sehingga penggunaannya cukup sedikit saja. Dengan begitu, pemanis rendah kalori dapat menjadi pilihan lebih sehat karena mengandung kalori yang lebih kecil untuk tingkat kemanisan yang sama. Selain itu, pemanis rendah kalori juga tidak menaikkan kadar gula darah secara signifikan dan tidak menyebabkan kerusakan gigi1.

Jadi, tidak perlu khawatir mengonsumsi pemanis rendah kalori. Pastikan memiliki merk pemanis rendah kalori yang sudah mendapatkan ijin dari BPOM Indonesia dan terjamin mutunya seperti pemanis rendah kalori Tropicana Slim Sweetener Classic. Tropicana Slim Sweetener Classic, gula rendah kalori yang cocok untuk diabetes dan diet serta dapat digunakan untuk aneka jenis makanan dan minuman.

 

References:

  1. The European Food Information Council
  2. National Health Service UK
  3. US FDA

 

 




Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.