Luo Han Guo, Si Buah Yang Manis

Luo han guo merupakan salah satu jenis pemanis yang kini semakin banyak dikenal. Tapi tahukah Anda, luo han guo ternyata sudah digunakan sebagai pemanis dan obat herbal di China sejak ratusan tahun lalu. Dan kini, luo han guo sudah digunakan secara luas di berbagai negara sebagai pemanis pada berbagai macam makanan dan minuman.

 

Mengenal luo han guo

Luo han guo atau dikenal juga sebagai monk fruit adalah buah dari tanaman Siraitia grosvenorii yang telah digunakan secara tradisional sebagai pemanis dan obat herbal di China sejak ratusan tahun lalu. Buah ini umumnya dikonsumsi setelah buah dikeringkan dan jarang dikonsumsi dalam keadaan segar.

 

Pada tahun 1987, buah ini dimasukkan ke dalam daftar buah yang dapat dikonsumsi dan memiliki sifat herbal oleh Departemen Kesehatan Pemerintah China. Dan kini, produk buah luo han guo tidak hanya ditemukan di China namun juga banyak dijual sebagai suplemen di Jepang, Amerika Serikat, New Zealand, dan Australia.

 

Buah luo han guo juga umum diekstrak untuk diambil komponen aktifnya dan digunakan sebagai obat herbal tradisional China. Ekstrak buah luo han guo ini diduga memiliki potensi herbal dari sifat antioksidan kandungan senyawa-senyawa aktif yang terkandung di dalamnya. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat herbal dari buah luo han guo.

 

Luo han guo sebagai pemanis

Buah luo han guo dapat digunakan sebagai pemanis karena mengandung senyawa yang menyebabkan rasa manis, yaitu kelompok senyawa mogrosides. Senyawa mogrosides pada buah luo han guo ini diketahui memiliki tingkat kemanisan yang sangat tinggi, jauh lebih manis daripada gula pasir biasa.

 

Sebuah data pada Chinese Journal of Natural Medicines menunjukkan bahwa senyawa pemanis pada buah luo han guo dapat memiliki tingkat kemanisan hingga 400-560 kali lipat dari gula. Data lain pada jurnal Food Chemistry menunjukkan bahwa ekstrak senyawa mogrosides dari luo han guo memiliki tingkat kemanisan hingga 300 kali lipat lebih tinggi apabila dibandingkan dengan gula pasir biasa.

 

Tak heran, luo han guo banyak digunakan sebagai pemanis sejak ratusan tahun lalu. Bahkan, penggunaan ekstrak luo han guo sebagai pemanis juga sudah disetujui di beberapa negara termasuk di Amerika Serikat, New Zealand, dan Australia. Selain itu, luo han guo juga sudah disetujui penggunaannya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia.

 

Ingin mencoba pemanis luo han guo? Kini Anda bisa menikmati manis alaminya Tropicana Slim Sweetener Luo Han Guo sebagai pilihan lebih baik untuk memaniskan setiap momen kebersamaan Anda dan keluarga tanpa perlu khawatir diabetes. Tropicana Slim Sweetener Luo Han Guo terbuat dari buah luo han guo dan hanya mengandung 5 Kalori per saji sehingga cocok sebagai pilihan rasa manis alami yang lebih sehat untuk diet dan aman untuk diabetes. Tropicana Slim Sweetener Luo Han Guo juga cocok digunakan untuk memasak dan saat membuat kue yang tentunya membantu Anda dalam membatasi asupan gula dan kalori harian guna menekan risiko diabetes.

 

References:

  1. Chinese Journal of Natural Medicines (2014) doi.org/10.1016/S1875-5364(14)60015-7
  2. Food Chemistry (2008) 107: 1022–1028

 

Share Article:

All rights reserverd.