Melewatkan Sarapan Bikin Diabetes?

Katanya, sarapan adalah waktu makan yang paling penting sepanjang hari. Tapi banyaknya persiapan di pagi hari dan tentunya sulit bangun di pagi hari, seringkali membuat kita terburu-buru sehingga harus melewatkan sarapan. Apa efek negatif yang bisa timbul jika sering melewatkan sarapan? Ternyata dampaknya untuk kesehatan besar!

Sebuah review terhadap beberapa penelitian yang mencakup 96.175 orang subjek menunjukkan adanya kaitan antara kebiasaan melewatkan sarapan dengan risiko diabetes. Ternyata, mereka yang sering melewatkan sarapan memiliki risiko diabetes yang lebih tinggi yaitu secara rata-rata mencapai 33% lebih tinggi. Setelah faktor berat badan subjek diperhitungkan, peningkatan risiko diabetes tetap teramati meskipun lebih kecil yaitu 22% lebih tinggi pada mereka yang sering melewatkan sarapan.

Walaupun mekanisme pasti yang terjadi belum diketahui dengan jelas, peningkatan risiko diabetes akibat melewatkan sarapan ini diyakini berkaitan dengan adanya kecenderungan berat badan yang lebih tinggi dan pola makan yang lebih tidak sehat pada kelompok yang sering melewatkan sarapan. Selain itu, beberapa penelitian lain juga menunjukkan kontrol gula darah yang lebih buruk saat melewatkan sarapan.

Tentunya yang tidak kalah penting adalah memerhatikan jenis sarapan yang dikonsumsi. Sama seperti waktu makan lainnya, pilihlah menu sarapan yang sehat dengan memilih makanan kaya nutrisi yang bervariasi. Susun menu sarapan sehat dengan memilih sumber karbohidrat kompleks (seperti roti gandum, oat, dan kacang-kacangan), memilih sumber protein sehat yang lebih rendah lemak jenuh (seperti susu rendah lemak, tahu, tempe, ikan, dan telur), serta memperbanyak buah dan sayur yang kaya serat dan vitamin-mineral. Tak lupa, hindari menu sarapan yang tinggi gula karena cenderung tinggi kalori tanpa kandungan nutrisi yang setara.

Ingin menyiapkan sarapan sehat yang praktis tapi tetap enak? Tropicana Slim Strawberry Jam dan Tropicana Slim Chocolate Spread bisa menjadi jawaban! Tropicana Slim Strawberry Jam terbuat dari buah stroberi asli tanpa penambahan gula pasir, sedangkan Tropicana Slim Chocolate Spread memiliki rasa coklat nikmat dengan sensasi coklat crunchylicious tapi bebas gula. Pilihan lain, Tropicana Slim Topping Kental Manis juga bisa menjadi alternatif pengganti susu kental manis untuk pendamping roti atau kopi saat sarapan dengan rasa nikmat namun bebas gula dan rendah kalori.

References:

  1. The Journal of Nutrition (2018) doi.org/10.1093/jn/nxy194
  2. UK
  3. org

Share Article:

All rights reserverd.