Melewatkan Sarapan Tingkatkan Risiko Diabetes!

Secangkir teh ditemani sebutir telur rebus serta sebuah roti lapis keju dan ham atau semangkuk sereal oat yang dicampur dengan segelas susu cair segar. Wah sebuah hidangan pembuka yang nikmat untuk memulai hari. Bagi sebagian orang, sarapan menjadi ritual pagi yang wajib untuk dilakukan. Dengan jenis dan jumlah yang tepat, sarapan memberikan segudang manfaat kesehatan seperti membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian, membuat kita bertenaga untuk menjalani hari hingga siang nanti, bahkan hingga menigkatkan fungsi kognitif. Sayangnya tidak sedikit orang yang menganggap sarapan sebagai hal yang kurang penting karena dirasa tidak ada waktu untuk mempersiapkannya akibat tuntutan kesibukan harian. Tetapi, tahukah kamu, selain kehilangan manfaat yang sudah disebutkan di atas, melewatkan sarapan ternyata dapat menimngkatkan risiko kita mengalami diabetes.

 

               Berdasarkan sebuah review dan meta-analysis yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition yang melibatkan hampir 100.000 partisipan menyimpulkan bahwa mereka yang sering melewatkan sarapan ternyata memiliki risiko diabetes yang lebih tinggi, yaitu secara rata-rata mencapai 33% lebih tinggi. Peningkatan risiko diabetes akibat melewatkan sarapan ini diyakini berkaitan dengan pola makan yang lebih tidak sehat dan adanya kecenderungan berat badan yang lebih tinggi pada kelompok yang sering melewatkan sarapan. Berat baadn yang berlebih memang cenderung meningkatkan risiko obesitas yang menjadi salah satu akar penyebab penyakit diabetes. Namun setelah faktor berat badan subjek diperhitungkan, peningkatan risiko diabetes ternyata tetap teramati meskipun lebih kecil yaitu 22% lebih tinggi pada mereka yang sering melewatkan sarapan. Selain itu, beberapa penelitian lain juga menunjukkan kontrol gula darah yang lebih buruk saat melewatkan sarapan.

 

               Oleh karena itu, sarapan bisa menjadi satu hal yang penting untuk kita pertimbangkan. Tak kalah penting, jenis sarapan yang dikonsumsi juga penting diperhatikan. Menu sarapan yang sehat penting untuk menjaga level energi dan daya konsentrasi sepanjang hari, membantu kontrol berat badan, serta penting dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi harian. Pilihlah menu sarapan dengan kalori terkontrol namun kaya nutrisi. Untuk kamu yang tidak sempat mempersiapkan sarapan, kamu bisa memilih bentuk sarapan yang praktis, namun tetap bernutrisi dan enak seperti HiLo Milky Vanilla Cookies, breakfast drink ready to drink yang praktis serta mengenyangkan dengan oat, malt,dan susu yang nikmat. Atau kamu bisa memilih Tropicana slim Oat Drink, minuman ready to drink yang praktis dan nikmat tanpa gula pasir dengan kalori terkontrol yang nikmat untuk menemani aktivitas pagimu. Jadikan sarapanmu salah satu sumber semangat pagimu!

 

References :

  1. Nutrients 2018, 10(5), 559. https://doi.org/10.3390/nu10050559 WHO
  2. The Journal of Nutrition 2018, 148:1–8. doi:10.1093/jn/nxy194
  3. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/breakfast

Share Article:

All rights reserverd.