Mengapa Perlu Vaksin Booster Covid-19?

Pada awal tahun 2022, pemerintah mengumumkan bahwa masyarakat sudah mulai bisa menerima vaksinasi booster COVID-19. Sebenarnya apa yang dimaksud vaksin booster; dan mengapa penting dilakukan? Menurut World Health Organization, vaksin booster atau vaksin dosis lanjutan adalah dosis vaksin yang diberikan kepada kelompok yang sudah divaksinasi penuh pada saat kondisi kekebalan tubuh dan perlindungan klinis yang diperoleh sudah berkurang seiring berjalannya waktu. Tujuan pemberian vaksin booster adalah untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.

European Medicines Agency memaparkan bahwa terdapat data yang menunjukkan lebih tingginya efek perlindungan vaksin terhadap virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 pada mereka yang sudah menerima vaksinasi booster, dibandingkan dengan mereka yang baru menerima vaksinasi primer saja. Hal ini tentunya penting dilakukan, terutama dengan munculnya berbagai varian baru yang diduga berpotensi lebih mudah menular dibandingkan dengan varian awal SARS-CoV-2. Data lain dari pemerintah Inggris menunjukkan bagaimana vaksin booster bermanfaat meningkatkan kembali efek perlindungan vaksin, yaitu mencapai sekitar 95% dalam waktu 2 minggu setelah dosis vaksin booster. Vaksin booster juga terbukti meningkatkan perlindungan terhadap risiko perawatan di rumah sakit hingga 90%.

Saat ini, vaksinasi booster COVID-19 ditujukan untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas yang telah telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 3 bulan sebelumnya dengan prioritas yaitu kelompok lanjut usia dan penderita gangguan kekebalan tubuh. Bagi yang sudah memenuhi syarat ini, tentunya diimbau untuk mengikuti program vaksinasi booster sesuai anjuran pemerintah. Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker saat di tempat umum, rutin mencuci tangan dengan air dan sabun, menghindari keramaian, serta menjaga jarak dengan orang lain.

Satu lagi yang penting, perhatikan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh. Konsumsi makanan dari sumber yang bervariasi dalam jumlah yang cukup, seperti buah-buahan kaya vitamin yang dibutuhkan tubuh kita. Jika butuh asupan vitamin tambahan, setiap sachet NutriSari sudah mengandung 100% AKG Vitamin C. Namun, jika merasa kurang sehat atau dalam masa pemulihan, konsumsilah suplemen dengan kandungan vitamin C lebih tinggi seperti NutriSari Nutri-C1000 yang mengandung 1000mg Vitamin C.

 

Reference:

  • World Health Organization
  • Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  • European Medical Agency
  • National Health Service UK

Share Article:

All rights reserverd.