Olahraga Pagi atau Malam?

Pertanyaan sederhana yang bisa membuat Anda berdebat seru dengan sport buddy Anda: waktu mana memberikan hasil paling optimal ketika berolahraga, pagi hari, siang hari, atau malam hari? Jawabannya, tidak ada yang salah. Mengapa begitu?

Sejauh ini, belum ada penelitian yang dapat menyimpulkan bahwa waktu tertentu untuk berolah raga, memberikan manfaat lebih baik. Memang beberapa penelitian ada yang menyimpulkan bahwa olahraga di pagi hari lebih bermanfaat dibandingkan sore atau malam hari, Akan tetapi penelitian lain berkata sebaliknya. Sebenarnya, yang lebih penting adalah konsistensi. Untuk mendapat hasil maksimal dari olahraga, konsistensi adalah hal yang penting. Bahkan, ada satu studi yang menyatakan bahwa waktu paling baik adalah waktu di mana individu dapat secara konsisten melakukan olahraga tersebut. Contoh, Bro A lebih bisa konsisten berolahraga di pagi hari. Maka tubuh Bro A akan beradaptasi dan memberikan hasil olahraga maksimal di pagi hari. Selain konsistensi, faktor lain yang memengaruhi manfaat dari olah raga adalah kecukupan nutrisi, istirahat, serta enjoyment  dan having fun saat berolahraga. Jadi, yang paling penting adalah mencari waktu berolahraga yang memungkinkan kamu bisa fokus dan nyaman untuk berolahraga.

 

Ref:

Chtourou, H., & Souissi, N. (2012). The Effect of Training at a Specific Time of Day. Journal of Strength and Conditioning Research, 26(7), 1984–2005. doi:10.1519/jsc.0b013e31825770a7

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.