Olahraga Saat Anak-Anak Bermanfaat Sampai Dewasa

Memperkenalkan kebiasaan sehat sejak masa kanak-kanak sangat penting. Kebiasaan sehat masa kecil tidak hanya memengaruhi kebiasaan saat dewasa, namun juga akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan saat ini hingga dewasa nanti. Salah satu yang kebiasaan sehat yang penting diperkenalkan untuk anak-anak adalah rutin berolahraga.

 

Manfaat olahraga pada anak-anak

Aktivitas fisik rutin di masa kanak-kanak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk menjaga berat badan dan kebugaran. Selain itu, rutin beraktivitas fisik juga terkait dengan performa di sekolah dan kesehatan mental yang lebih baik. Dan ternyata, manfaat rutin berolahraga di masa kanak-kanak juga dapat dirasakan hingga dewasa nanti.

 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah NeuroImage menunjukkan bahwa aktif mengikuti kegiatan olahraga di masa kanak-kanak (hingga usia 12 tahun) berkaitan dengan fungsi kognitif saat dewasa yang lebih baik. Kebiasaan berolahraga di masa kanak-kanak dapat bermanfaat dalam optimalisasi pembentukan jaringan otak seperti peningkatan cortical thickness and efficiency (yang diketahui terkait dengan tingkat kecerdasan secara umum) serta memperkuat jaringan inter-hemispheric (terkait dengan penyampaian informasi yang penting dan penghambatan informasi yang tidak penting). Selain itu, rutin berolahraga di masa kanak-kanak berkaitan dengan kemampuan response inhibition (atau kemampuan untuk menekan tindakan yang tidak pantas) yang lebih baik.

 

Jadikan menyenangkan!

Rekomendasi aktivitas fisik untuk anak-anak adalah minimal 60 menit setiap hari. Selipkan aktivitas fisik untuk anak-anak atau permainan agar terasa lebih menyenangkan dalam kegiatan sehari-hari, misal bersepeda bersama, berdansa sembari mendengarkan musik, dan pastikan anak-anak memilih kegiatan yang disukai agar bisa dilakukan secara kontinu.

 

Lengkapi dengan nutrisi seimbang

Selain rutin berolahraga, anak-anak tentu membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, apalagi untuk menunjang pertumbuhan tinggi badan anak. Nutrisi seperti kalsium dan vitamin D tentunya tidak boleh luput dari asupan harian anak. Salah satu minuman yang dapat menjadi pilihan sehat untuk melengkapi nutrisi anak adalah susu.

 

Susu kaya akan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan seperti protein, kalsium dan vitamin D, serta berbagai vitamin dan mineral lain. Protein merupakan salah satu sumber energi untuk tubuh serta bahan dasar penyusun sel tubuh yang penting untuk pembentukan dan perbaikan jaringan-jaringan tubuh. Kalsium dan vitamin D penting untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat serta menunjan pertumbuhan tinggi badan optimal.

 

Semua kebaikan susu ini dapat diperoleh di susu HiLo School susu sumber protein, tinggi kalsium, lebih rendah gula & lemak, dengan 12 Vitamin dan 6 Mineral termasuk vitamin D. Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap, HiLo School juga memiliki banyak varian rasa yang enak untuk dukung semangat aktif anak setiap hari!

 

References:

  1. NeuroImage (2021) DOI: 10.1016/j.neuroimage.2021.118196
  2. org

Share Article:

All rights reserverd.