Pentingnya Konsumsi Bijian Utuh Untuk Lingkar Pinggang Lebih Ideal

Pertambahan usia seringkali diiringi dengan peningkatan berat badan dan lingkar pinggang. Namun, studi terbaru yang dimuat pada “The Journal of Nutrition” menunjukkan bahwa memasukkan bijian utuh dalam pola makan atau diet harian bisa menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan, dalam hal ini mengendalikan berat badan serta lingkar pinggang.

Studi tersebut menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 3 porsi bijian utuh per hari selama 18 tahun, mengalami peningkatan lingkar pinggang yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi kurang dari 1 porsi bijian utuh per minggu. Artinya, diet yang kaya akan bijian utuh memberikan manfaat positif dalam mengendalikan ukuran lingkar pinggang.

Selain peningkatan lingkar pinggang yang lebih kecil, diet konsumsi bijian utuh juga memberikan keuntungan lainnya. Studi tersebut menunjukkan adanya penurunan tekanan darah dan gula darah yang lebih rendah pada mereka yang rutin mengonsumsi bijian utuh. Hal ini terkait dengan tingginya kandungan serat, vitamin B, magnesium, potassium, dan antioksidan dalam bijian utuh.

Pola makan atau diet sehat sejak dini menjadi sangat penting. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memilih bijian utuh seperti gandum utuh, beras merah, oat, atau barley. Selain meningkatkan konsumsi bijian utuh, penting juga untuk membatasi asupan gula, garam, dan lemak jenuh. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur juga menjadi langkah yang tidak bisa diabaikan dalam menjalankan pola makan yang sehat.

Selain diet yang sehat, rutin berolahraga juga merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan. Melakukan aktivitas fisik minimal 150 menit per minggu dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Kombinasi diet yang sehat dan olahraga yang teratur akan memberikan manfaat yang maksimal dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Jadi, jangan ragu untuk memulai perjalanan menuju pola makan sehat dan hidup yang lebih baik dengan memasukkan bijian utuh dalam diet kita dan menjaga gaya hidup yang aktif secara fisik. Bingung memilih antara Kesehatan dan kenikmatan? Konsumsi roti yang terbuat dari gandum utuh, dilengkapi selai Tropicana Slim akan membuat dietmu menjadi sehat dan juga nikmat. Tropicana Slim Strawberry Jam diproses tanpa penambahan gula pasir sehingga didapat selai yang bebas gula dan rendah kalori, sehingga cocok dikonsumsi untuk diabetes dan diet.

 

Reference:

  • The Journal of Nutrition (2021) DOI 10.1093/jn/nxob/177

Share Article:

All rights reserverd.