Pentingnya Makan Bersama Keluarga

Kebiasaan baik harus dibangun sedini mungkin, termasuk pola makan sehat. Pola makan sehat yang dibangun sejak dini tidak hanya akan terbawa hingga usia dewasa nanti, namun juga penting untuk menjaga kesehatan hingga nanti. Peran penting keluarga dalam membangun pola makan sehat pada anak dan remaja jelas sangat penting. Salah satu yang dapat dilakukan untuk membangun pola makan sehat adalah dengan rutin makan bersama keluarga.

 

Manfaat makan bersama keluarga

Sebuah review terhadap 17 studi terkait pola makan keluarga menunjukkan bahwa frekuensi makan bersama keluarga berkaitan dengan kondisi berat badan dan pola makan pada anak dan remaja. Anak dan remaja yang rutin makan bersama keluarga 3 kali atau lebih dalam 1 minggu memiliki risiko kegemukan sebesar 12% lebih rendah, apabila dibandingkan dengan yang makan bersama keluarga <3 kali per minggu. Kelompok anak dan remaja yang rutin makan bersama keluarga ini juga diketahui lebih banyak mengonsumsi makanan sehat dan lebih sedikit mengonsumsi makanan tidak sehat.

 

Tips makan bersama lebih sehat

Untuk mendorong pola makan sehat saat makan bersama keluarga, pastikan untuk menyediakan makanan yang sehat untuk anak-anak di setiap waktu makan. Salah satunya, siapkan cukup buah dan sayur dengan potongan kecil yang lebih mudah dikonsumsi dan beri waktu yang cukup bagi anak untuk mengonsumsi buah dan sayur yang sudah disajikan. Sebuah penelitian yang melibatkan 50 anak di Jerman menunjukkan bahwa membiarkan anak berada di meja makan 10 menit lebih lama (total waktu di meja makan = 30 menit) ternyata terkait dengan konsumsi buah dan sayur yang lebih tinggi, hingga 100 gram lebih tinggi yang setara dengan 1 saji buah dan sayur.

 

Lengkapi nutrisi untuk pertumbuhan optimal

Tak lupa, berikan makanan dan minuman kaya nutrisi yang bervariasi untuk anak-anak dan remaja. Hal ini penting agar anak dan remaja bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh optimal, termasuk kalsium dan vitamin D.

 

Kalsium merupakan mineral yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat. Sangat penting memenuhi kebutuhan kalsium di masa anak-anak dan remaja agar kepadatan tulang dapat tercapai dengan optimal. Selain itu, kalsium juga berperan penting dalam fungsi sistem syaraf dan otot. Vitamin D diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium sehingga penting memenuhi kebutuhan vitamin D sejak dini. Tidak hanya itu, vitamin D juga berperan dalam fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga penting memenuhi kebutuhan vitamin D setiap hari.

 

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian anak dan remaja guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, termasuk kebutuhan kalsium dan vitamin D, coba HiLo School dan HiLo Teen. HiLo School dan HiLo Teen merupakan susu sumber protein, tinggi kalsium, lebih rendah lemak, mengandung Omega-3, serta dilengkapi dengan 12 Vitamin dan 6 Mineral dengan rasa yang enak untuk mendukung pertumbuhan anak dan remaja.

References:

  1. Pediatrics (2011) doi:10.1542/peds.2010-1440
  2. JAMA Network Open (2023) DOI: 10.1001/jamanetworkopen.2023.6331

Share Article:

All rights reserverd.