Pentingnya Rutin Berolahraga

Mungkin kita semua pernah bertanya-tanya, mengapa olahraga begitu penting dalam kehidupan kita? Mungkin juga terpikir kalau olahraga hanya untuk orang-orang yang mau punya badan kekar atau atlet profesional saja. Tapi ternyata, olahraga itu bukan hanya soal penampilan fisik. Olahraga itu bisa membawa dampak positif yang luar biasa dalam hidup kita. Olahraga bisa bantu jaga kesehatan kita secara keseluruhan. Ada banyak riset yang menunjukkan bahwa olahraga dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, dan bahkan bisa menghindarkan kita dari risiko kematian dini. Siapa sangka, kan?

 

Salah satunya sebuah meta-analisis yang diterbitkan oleh British Journal of Medicine yang mempelajari 96 studi dan melibatkan lebih dari 30 juta responden. Studi ini memaparkan bahwa 2 dari 3 responden melaporkan tingkat aktivitas fisik kurang dari rekomendasi yang disarankan (minimal 150 menit latihan aerobik intensitas sedang per minggu). Hal ini sangat disayangkan karena hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1 dari 9 kasus penyakit kardiovaskular dan 1 dari 5 kasus penyakit kanker ternyata dapat dicegah dengan rutin berolahraga sesuai rekomendasi. Selain itu, juga ditemukan bahwa 1 dari 6 kasus kematian dini dapat dicegah jika semua responden rutin berolahraga sesuai rekomendasi.

 

Memenuhi rekomendasi olahraga minimal 150 menit latihan aerobik intensitas sedang memang dapat menjadi tantangan bagi sebagian orang. Tapi, tidak pernah ada kata sia-sia untuk kebiasaan sehat. Walau penurunan risiko yang teramati lebih kecil, memenuhi hanya ½ dari rekomendasi olahraga yang disarankan (75 menit per minggu) tetap dapat memberikan manfaat kesehatan. Bahkan 1 dari 10 kasus kematian dini dapat dicegah dengan rutin berolahraga aerobik intensitas sedang minimal 75 menit per minggu. Jadi, mulailah secara perlahan dan setelah berhasil mencapai target ini, tingkatkan bertahap hingga memenuhi rekomendasi yang disarankan. Gak nyangka kan betapa hebatnya olahraga?

 

Bingung menentukan intensitas olahraga yang tepat? Latihan aerobik intensitas sedang berarti Anda sudah tidak dapat bernyanyi namun masih bisa berbicara saat berolaraga. Mudah bukan? Oh ya, gak cuma olahraga aja yang penting, pola makan juga harus seimbang guna menunjang olahraga kita. Makannya jangan asal-asalan, ya. Pastikan kita mendapatkan nutrisi yang cukup, terutama protein. Kenapa protein penting? Karena ketika kita berolahraga, otot kita akan rusak. Nah, protein ini berguna banget buat memperbaiki otot-otot yang rusak tadi. Salah satu sumber protein yang baik adalah susu seperti L-Men Platinum, suplemen tinggi protein (25 gram persaji), serta rendah lemak dan gula, sehingga cocok untuk mereka yang ingin menjaga berat badan dan menjalani gaya hidup sehat.

 

Selain memberikan asupan protein yang dibutuhkan tubuh, L-Men Platinum juga memiliki rasa yang enak serta dilengkapi dengan vitamin dan mineral. Jadi, buat kalian yang aktif berolahraga dan ingin menjaga tubuh tetap bugar, L-Men Platinum bisa menjadi salah satu pilihan yang lengkap nutrisinya. Yuk kita jaga tubuh kita agar tetap sehat dan bugar dengan olahraga serta pola makan yang tepat. Jadilah versi terbaik dari diri kita sendiri. Keep moving and stay healthy!

 

Referensi:

  1. British Journal of Sports Medicine (2023) DOI: 10.1136/bjsports-2022-105669

Share Article:

All rights reserverd.