Pentingnya Sarapan Untuk Penuhi Nutrisi Harian

Kesibukan sehari-hari sering membuat kita melewatkan sarapan. Padahal, sarapan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, membantu pemenuhan nutrisi harian kita termasuk vitamin dan mineral yang penting untuk berbagai fungsi tubuh.

 

Sarapan bantu penuhi vitamin dan mineral

Sebuah penelitian pada jurnal Proceedings of the Nutrition Society menunjukkan bagaimana rutinitas sarapan terkait dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi yang lebih baik. Diperoleh bahwa mereka yang melewatkan sarapan memiliki tingkat asupan harian beberapa jenis vitamin dan mineral yang lebih rendah termasuk asupan folat, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan vitamin D yang lebih rendah.

 

Tidak hanya memiliki asupan beberapa jenis vitamin dan mineral yang lebih rendah, kelompok yang melewatkan sarapan juga teramati memiliki pola makan yang lebih tidak sehat dengan tingkat asupan gula, karbohidrat, dan lemak yang lebih tinggi. Hal ini berkaitan dengan lebih tingginya kebiasaan mengemil yang tidak sehat pada mereka yang melewatkan sarapan.

 

Sarapan bantu performa di sekolah

Selain penting untuk membantu pemenuhan kebutuhan nutrisi harian termasuk kebutuhan vitamin dan mineral, sarapan juga bermanfaat untuk mendukung performa di sekolah yang lebih baik. Data pada Journal of the American Dietetic Association menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi sarapan berkaitan dengan tingkat kehadiran dan performa di sekolah yang lebih baik. Performa di sekolah yang lebih baik ini terkait dengan lebih rendahnya rasa lapar dan lebih baiknya tingkat konsentrasi pada anak-anak yang rutin mengonsumsi sarapan.

 

Tips sarapan sehat

Ternyata, rutinitas sarapan dapat mendukung pola makan sehat harian kita dengan membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Pastikan untuk memilih menu sarapan yang kaya nutrisi dan bervariasi agar semua kebutuhan nutrisi, vitamin, dan mineral dapat terpenuhi dengan baik. Beberapa menu sarapan yang bisa menjadi pilihan antara lain susu rendah lemak dan roti gandum, kacang-kacangan dan buah segar, oat dan buah segar, serta telur rebus dan buah-sayur segar.

 

Untuk kamu yang siap meraih prestasi di sekolah, lengkapi menu sarapan sehat dengan HiLo School. HiLo School merupakan susu sumber protein, tinggi kalsium, lebih rendah lemak, mengandung Omega-3, serta dilengkapi dengan 12 Vitamin dan 6 Mineral yang rasanya enak untuk jaga daya tahan tubuh anak-anak usia pertumbuhan dan tumbuh ke atas!

 

References:

  1. Proceedings of the Nutrition Society (2021) DOI: 10.1017/S0029665121000495
  2. Journal of the American Dietetic Association(2005) DOI:1016/j.jada.2005.02.007

Share Article:

All rights reserverd.