Pentingnya Vitamin C dan Vitamin D Untuk Kesehatan

Vitamin yang sering diperbincangkan dan dicari, hingga sempat mengalami kelangkaan saat pandemi, adalah vitamin C dan D.  Jadi penasaran, apa sih sebenarnya manfaat kedua vitamin ini?

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel dari radikal bebas. Vitamin C juga berperan dalam proses produksi kolagen untuk perbaikan & pertumbuhan jaringan tulang, gigi, serta kulit. Selain itu, vitamin C juga berfungsi menjaga daya tahan tubuh.  Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan tubuh lebih rentan terkena infeksi dan penyakit scurvy yaitu kerusakan jaringan tubuh yang memiliki gejala awal sariawan serta kelelahan pada tubuh.

Vitamin D dapat diperoleh dari makanan atau diproduksi oleh tubuh ketika tubuh cukup terpapar sinar matahari. Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium untuk tulang dan menjaga fungsi otot. Selain itu, vitamin D juga meningkatkan kerja dari sistem imun untuk daya tahan tubuh.  Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan pada tulang & otot serta membuat tubuh lebih rentan terkena infeksi.  

Nah, setelah tahu pentingnya fungsi kedua vitamin ini, tentunya penting untuk memenuhi kebutuhan harian Vitamin C dan D. Bagaimana caranya? Vitamin C bisa diperoleh dari buah dan sayur, seperti:  jeruk, lemon, tomat, semangka, kubis, brokoli. Vitamin D terkandung di dalam ikan, susu, dan kuning telur. Nutrisari juga mengandung 100% AKG vitamin C & tinggi vitamin D  lho! Nutrisari hadir dengan berbagai varian rasa yang menarik, seperti sweet mango, jeruk maroko, markisa, semangka, milky orange, nanas, es cincau, dan cocopandan. Semua varian tersebut dijamin nikmat dan juga membantu memenuhi kebutuhan vitamin C & D harian!

 

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa belanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 50% maks. diskon Rp 50.000 tanpa minimum pembelanjaan. Kode voucher NUTRIBLOG bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! (Hanya berlaku untuk konsumen baru)

 

Referensi:

Aranow C. 2011.  Vitamin D and the immune system. Journal of Investigate Medicine 59(6):881-6

Carr AC, Maggini S. 2017. Vitamin C and Immune Function. Nutrients 9(11):1211.

Crosta, Peter. 2017. “Everything you need to know about scurvy”. https://www.medicalnewstoday.com/articles/155758 , Diakses pada 07 Febuari 2021.

Gironés-Vilaplana, A., Villaño, D., Marhuenda, J., Moreno, D. A., & García-Viguera, C. 2017. Vitamins. Nutraceutical and Functional Food Components, 159–201.

NIH US National Library of Medicine Medline Plus. 2017. “Vitamins C

World Health Organization. 2005. Vitamin and mineral requirements in human nutrition

Share Article:

All rights reserverd.