Pentingnya Waktu Outdoor

Mayoritas keseharian kita umum dilakukan di dalam ruangan. Tapi jangan sampai terlupa untuk tetap melakukan kegiatan di luar ruangan. Menghabiskan waktu di luar ruangan ternyata memiliki banyak manfaat, termasuk untuk fungsi otak dan kesehatan mental kita.

 

Sebuah penelitian yang melibatkan responden yang diamati selama 6 bulan dan dianalisa kondisi otaknya menggunakan MRI sebanyak 2 kali per minggu menunjukkan efek positif dari menghabiskan waktu di luar ruangan untuk fungsi otak dan kesehatan mental. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan pada The World Journal of Biological Psychiatry ini, waktu yang dihabiskan di luar ruangan ternyata dapat terkait positif dengan kondisi otak dan suasana hati yang lebih baik. 

 

Diperoleh bahwa lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan berkaitan dengan lebih tingginya gray matter (area dimana banyak sel-sel syaraf terkonsentrasi) pada bagian otak yang mengatur kontrol fungsi kognitif (terkait perencanaan dan regulasi tindakan, serta kondisi emosi yang lebih baik). Hal ini kemudian juga dapat memengaruhi daya konsentrasi, daya ingat, dan kesehatan mental secara keseluruhan.

 

Mulailah meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas di luar ruangan, khususnya di saat waktu luang. Tidak hanya baik untuk fungsi otak dan kesehatan mental, berada di luar ruangan juga mendorong kita untuk lebih aktif yang baik untuk kesehatan fisik. Dan memang, sudah terdapat data yang menunjukkan bahwa lebih sering menghabiskan waktu di luar ruangan terkait dengan risiko penyakit kronis yang lebih rendah.

 

Pilihlah kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik saat berada di luar ruangan seperti berkebun, bersepeda, atau berjalan cepat untuk mendapatkan manfaat lebih. Rutin beraktivitas fisik penting untuk menjaga berat badan, memperkuat tulang dan otot, memperbaiki kualitas tidur, serta menjaga suasana hati dan kesehatan mental.

 

Saat beraktivitas di luar ruangan, segarkan aktivitas dengan Nutrisari yang merupakan sari buah alami dengan berbagai varian rasa yang nikmat seperti Nutrisari Mangga Gandaria, Nutrisari Milky Orange, Nutrisari Anggur Hijau, dan Nutrisari Gula Asem. Nutrisari, sari alam bernutrisi, 100% AKG vitamin C, tinggi vitamin D serta sumber 6 vitamin dan 2 mineral dengan rasa yang enak dan menyegarkan.

 

References:

  1. The World Journal of Biological Psychiatry (2021) DOI: 10.1080/15622975.2021.1938670

 

 

Share Article:

All rights reserverd.