Pola Makan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Otak

Otak merupakan organ yang sangat penting dalam mengatur berbagai fungsi tubuh. Kesehatan otak yang baik berperan penting dalam menjaga daya konsentrasi, kemampuan berpikir, dan manajemen emosi. Salah satu kunci untuk menjaga kesehatan otak adalah dengan mengadopsi pola makan yang sehat.

Sebuah penelitian yang melibatkan 4.000 responden menunjukkan bahwa mereka yang mengikuti pola makan yang lebih baik, termasuk konsumsi yang cukup buah, sayur, biji-bijian utuh, susu, dan ikan, memiliki total volume otak yang lebih besar. Ini menunjukkan bahwa pola makan yang sehat dapat berkontribusi positif terhadap kesehatan otak.

Studi lain yang melibatkan lebih dari 60.000 responden menunjukkan bahwa mengikuti pola makan Mediterania yang kaya akan buah, sayur, ikan, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan berkaitan dengan penurunan risiko terkena penyakit demensia hingga 23% lebih rendah. Pola makan ini terbukti memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk otak dan dapat memberikan perlindungan terhadap gangguan kognitif.

Perlu diingat bahwa menjaga kesehatan otak bukan hanya relevan bagi mereka yang memasuki usia lanjut, tetapi harus dimulai sejak dini, bahkan pada masa remaja. Masa remaja adalah masa perubahan yang signifikan dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Salah satu perubahan yang paling terlihat adalah peningkatan tinggi badan.

Pada masa remaja, pertumbuhan tulang yang seiring dengan penambahan berat otot tubuh terjadi dengan pesat. Hal ini menyebabkan peningkatan berat badan dan tinggi badan. Proses pertumbuhan dan perkembangan ini dimulai sekitar usia 10-12 tahun pada anak perempuan dan usia 12-14 tahun pada anak laki-laki. Secara umum, tinggi badan anak perempuan dapat bertambah sekitar 20.5-25 cm selama masa remaja, sementara anak laki-laki dapat bertambah hingga 30 cm.

Selain pertumbuhan fisik, perkembangan kognitif juga berlangsung pada masa remaja. Kemampuan berpikir secara abstrak mulai terbentuk, sehingga remaja dapat melihat dunia dengan sudut pandang yang lebih kompleks. Mereka juga mulai dapat menganalisis situasi dan hubungan sebab-akibat secara logis.

Untuk mendukung berbagai perubahan yang terjadi pada masa remaja ini, penting bagi remaja untuk mengonsumsi nutrisi yang cukup dan seimbang. Protein diperlukan sebagai bahan dasar pembentukan sel dan otot tubuh. Zinc penting untuk menjaga kesehatan tulang dan sintesis protein. Zat besi diperlukan untuk mencegah anemia, sedangkan kalsium dan vitamin D penting untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, vitamin B juga penting agar remaja tetap berenergi.

Artinya, mengadopsi pola makan yang mengandung nutrisi yang baik, seperti buah, sayur, biji-bijian utuh, susu, ikan, serta mengonsumsi protein, zinc, zat besi, kalsium, vitamin D, dan vitamin B yang cukup, dapat membantu menjaga kesehatan otak sepanjang hidup. Penting bagi remaja untuk memperhatikan pola makan mereka agar dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal pada masa remaja ini.

HiLo Teen adalah susu tinggi kalsium & lebih rendak lemak namun dengan rasa yang enak. HiLo Teen mengandung 12 Vitamin & 5 Mineral untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal.

 

Reference:

  • BMC Medicine
  • Neurology
  • Virginia Cooperative Extension: Virginia State University.
  • American Psychological Association.
  • S. Department of Health & Human Services: Office of Population Affairs.
  • Lucile Packard Foundation for Children’s Health.
  • Guidelines for Adolescent Nutrition Services: Chapter 1. Adolescent Growth and Development.
  • Dairy Council of California.

 

Share Article:

All rights reserverd.