Rahasia Panjang Umur Dengan Teh Hitam

Pagi-pagi rehat sejenak setelah berolahraga, langsung disiapkan segelah teh hangat, ditemani suasana pagi yang sejuk dan camilan hangat. Wah sungguh sebuah pembuka hari yang nikmat. Rasanya dengan menenggak teh hangat di pagi hari bisa meningkatkan mood kita.  

 

Siapa tidak kenal dengan jenis minuman satu ini. Jika diminta menyebutkan jenis minuman yang populer, minuman teh bisa saja menjadi salah satu jenis minuman yang paling sering disebut selain kopi. Apalagi di wilayah Asia, teh menjadi salah satu minuman favorit. Bahkan hampir di setiap restoran bintang lima hingga kaki lima, pasti menyematkan teh sebagai salah satu minuman dalam menu mereka, mulai dari teh kelas sederhana hingga teh aneka rasa yang premium. Sebut saja teh chamomile, oolong, teh hijau, teh hitam, dan masih banyak jenis teh lainnya.

 

Dilansir dari Nature, memang konsumsi teh dapat menurukan level stress. Tapi tahukah kamu, ternyata tidak hanya sampai disitu manfaat dari konsumsi teh. Siapa sangka ternyata rutin mengonsumsi teh, khususnya teh hitam, adalah salah satu rahasia panjang umur? Wah kok bisa?

 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam juenal Annals of Internal Medicine yang melibatkan 498.043 responden menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi teh ternyata berkaitan dengan risiko kematian yang lebih rendah. Mereka yang mengonsumsi teh sebanyak 2 gelas atau lebih setiap harinya memiliki risiko kematian yang lebih rendah, berkisar 5% hingga 13% lebih rendah (bergantung pada jumlah yang dikonsumsi setiap hari), apabila dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi 1 gelas teh atau kurang. Pada penelitian ini, hampir semua responden (mencapai 89%) mengonsumsi teh hitam atau black tea. Teh hitam sendiri terbuat dari daun teh yang sudah mengalami proses oksidasi sebelum diproses dan dikeringkan. Proses oksidasi ini menyebabkan daun teh hitam berwarna coklat tua dan memiliki rasa yang khas. Manfaat ini diperoleh akibat adanya senyawa antioksidan yang kaya pada daun teh yang terbukti memberikan berbagai manfaat kesehatan, salah satunya sebagai anti-inflamasi.

 

Salah satu rahasia panjang umur memang dengan rutin mengonsumsi teh, tapi bukan berarti cukup hanya dengan minum teh. Pola hidup sehat tetap harus dijaga yakni makan makanan yang bergizi dan seimbang dan istirahat yang cukup, serta yang tak kalah penting, rutin berolahraga. Rutin berolahraga memiliki banyak manfaat terkait “panjang umur”. Dengan berolahraga teratur kita bisa menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan, memperbaiki mood, dan memperkuat tulang. Semua hal tersebut tentunya menunjang kamu untuk memiliki umur yang panjang bukan?


Banyak jenis olaharga yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah dengan olahraga resisten, yakni jenis olahraga yang dapat meningkatkan massa otot. Olahraga resisten atau beban dapat kamu lakukan di rumah maupun di gym/fitness center. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga resisten terhadap perkembangan massa ototmu, tentunya perlu kamu imbangi dengan asupan protein yang tepat. Cukupi kebutuhan protein harian kamu dari sumber-sumber protein yang sehat seperti dari ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, dan susu.

 

L-Men Daily, susu tinggi protein rendah lemak dengan 12 gram protein persajinya bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan protein harian yang diperlukan untuk memaksimalkan olahraga resistenmu. Dengan pilihan rasa dark chocolate yang enak dan popcorn caramel yang lezat, L-Men Daily siap menemani aktifnya harimu. Tidak hanya dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian, produk L-Men juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian lainnya.

 

 

References :

  1. Annals of Internal Medicine (2022) doi.org/10.7326/M22-0041
  2. Nature

Share Article:

All rights reserverd.