Rutin Bergerak Untuk Tangkal Penyakit Kronis

Apa yang biasa dilakukan saat akhir pekan? Setelah menjalani kesibukan sepanjang minggu, tentunya tidak sedikit yang memilih untuk bersantai dan beristirahat di akhir pekan. Bangun lebih terlambat hingga siang hari, binge-watching sepanjang malam, atau bermain game sepanjang hari. Kebiasaan di akhir pekan ini umumnya berupa kegiatan sedenter yang membuat kita lebih sedikit bergerak dan dapat menyebabkan tingkat aktivitas fisik harian berkurang. Walaupun hanya dilakukan selama beberapa hari saat akhir pekan, pengurangan tingkat aktivitas fisik harian ternyata sudah memiliki efek negatif terhadap kontrol gula darah.

 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah Medicine & Science in Sports & Exercise menunjukkan bagaimana pengurangan tingkat aktivitas fisik selama 3 hari ternyata sudah dapat memengaruhi kontrol gula darah secara negatif pada mereka yang biasanya aktif. Diketahui bahwa saat diminta membatasi tingkat aktivitas fisik (dari ≥10.000 langkah/hari menjadi <5000 langkah/hari) selama 3 hari, teramati adanya peningkatan kadar gula darah setelah makan yang diukur pada 30 menit dan 60 menit setelah makan selama kurun waktu 3 hari ini.

 

Dalam penelitian ini tidak teramati adanya perubahan kadar gula darah puasa, namun hasil yang diperoleh tetap menunjukkan pentingnya peran aktivitas fisik dalam menjaga kontrol gula darah setiap harinya. Ingat, kontrol gula darah yang baik tentunya akan bermanfaat dalam pencegahan diabetes.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya rutin beraktivitas fisik setiap hari dalam menjaga kontrol gula darah dan mencegah diabetes. Usahakan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit/hari. Tak lupa, pastikan untuk bangun dan melakukan peregangan di sela waktu duduk saat bekerja. Selipkan juga aktivitas fisik dalam kegiatan sehari-hari seperti membersihkan rumah, berkebun, atau bekerja sembari berdiri.

 

Aktif bergerak setiap hari tidak hanya penting untuk kontrol gula darah yang terkait dengan penyakit diabetes, namun juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain termasuk menjaga tekanan darah yang penting untuk mencegah hipertensi. Apa kaitan olahraga dan hipertensi? Rutin beraktivitas fisik dapat membantu kontrol berat badan, memperkuat jantung, serta menurunkan stress. Semua faktor ini penting dalam menjaga tekanan darah guna menekan risiko hipertensi.

 

Selain itu, aktivitas fisik juga bermanfaat memperbaiki profil kolesterol darah. Apa pentingnya menjaga kolesterol? Ingat, tingginya kadar kolesterol di dalam darah terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untuk menjaga kadar kolesterol, pola makan sehat juga penting dilakukan termasuk dengan membatasi asupan lemak harian. Membatasi asupan lemak harian akan bermanfaat dalam menjaga kadar kolesterol darah.

 

Salah satu yang bisa dilakukan untuk membatasi asupan lemak harian guna menjaga kadar kolesterol adalah dengan memilih susu yang rendah atau bebas lemak seperti Tropicana Slim Skim Milk yang merupakan produk susu tanpa lemak, bebas gula dan tinggi kalsium yang dilengkapi dengan fitosterol untuk bantu turunkan kolesterol serta Tropicana Slim Low Fat Milk yang merupakan produk susu rendah lemak, bebas gula dan tinggi serat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Pilihan lain adalah Tropicana Slim Oat Drink yang mengandung semua kebaikan oat dengan rasa vanilla yang nikmat yang diformulasikan tanpa gula, rendah lemak, dan sumber serat serta kalsium.

 

References:

  1. Medicine & Science in Sports & Exercise (2012) doi: 10.1249/MSS.0b013e31822ac0c0
  2. Canadian Journal of Cardiology (2021); 37(5): 722–732
  3. World Health Organization
  4. American Heart Association

Share Article:

All rights reserverd.