Sehat Dari Sekarang Sampai Nanti

Semua orang ingin bisa selalu sehat dan bebas beraktivitas hingga usia lanjut nanti. Sayangnya, perubahan-perubahan yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan menghambat aktivitas sehari-hari. Tapi, bukan berarti tetap sehat dan aktif saat usia lanjut adalah sesuatu yang mustahil. Dengan pola hidup sehat yang sesuai, kita bisa tetap sehat dan aktif hingga usia lanjut nanti.

 

Apa yang berubah saat usia bertambah?

Bertambahnya usia tentu menyebabkan perubahan termasuk perubahan fisik dan metabolisme tubuh. Salah satunya, perubahan struktur tulang yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Dimulai pada pertengahan usia 30 tahun, massa dan kepadatan tulang ternyata mulai berkurang. Hal inipun dapat menyebabkan tulang menjadi lebih lemah seiring bertambahnya usia.

 

Massa dan kekuatan otot juga berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Bahkan di sekitar umur 30 tahun, kita sudah mulai kehilangan sekitar 3-8% dari massa otot setiap dekadenya. Berkurangnya massa otot ini dapat menyebabkan kekuatan fisik menurun, gerakan tubuh melambat dan lebih terbatas, serta keseimbangan saat berjalan terganggu.

 

Selain perubahan struktur tulang dan kekuatan otot, pergerakan sendi juga berubah seiring bertambahnya usia. Seiring bertambahnya usia, pergerakan sendi menjadi lebih kaku dan kurang fleksibel karena berkurangnya cairan pelumas dan menipisnya tulang rawan.

 

Tulang, otot, dan sendi yang sehat penting untuk mendukung pergerakan tubuh. Untuk itu, perubahan pada struktur tulang, massa dan kekuatan otot, serta pergerakan sendi yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia ini tentu dapat mengganggu kemampuan beraktivitas sehari-hari jika tidak ditangani dengan baik.

 

Tips sehat dan aktif hingga nanti

Untuk dapat tetap sehat dan aktif hingga usia lanjut nanti, pola hidup sehat penting dilakukan sejak dini. Apa saja yang bisa dilakukan? Pertama, perbanyak bergerak dan rutin berolahraga setiap hari. Data menunjukkan bahwa lebih banyak berjalan setiap hari berkaitan dengan risiko kematian yang lebih rendah. Mereka yang rutin berolahraga juga terbukti memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

 

Selain itu, cukup tidur setiap malam juga penting. National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk cukup tidur selama 7-9 jam setiap harinya. Seiring bertambahnya usia, sebagian orang seringkali mengalami kesulitan untuk tidur. Untuk mengatasinya, coba usahakan untuk tidur di waktu sama setiap harinya termasuk saat akhir pekan, atur kondisi kamar tidur yang gelap dan sejuk, rutin berolahraga untuk membantu tidur lebih nyenyak, serta batasi penggunaan gadget di dekat waktu tidur.

 

Tak lupa, pola makan sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan hingga nanti. Pastikan untuk memilih makanan kaya nutrisi yang bervariasi agar semua kebutuhan nutrisi tercukupi dengan baik termasuk kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

 

Lengkapi kebutuhan nutrisi harian dengan HiLo Gold yang merupakan susu tinggi kalsium dan lebih rendah lemak namun dengan rasa yang enak! HiLo Gold juga dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral serta glucosamine untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Minum HiLo Gold tiap hari, Lebih Gesit Lebih Enak!

 

References:

  1. World Health Organization
  2. National Institute of Aging
  3. National Sleep Foundation
  4. Better Health Channel: Victoria State Government

Share Article:

All rights reserverd.