Serba Serbi Shirataki

Karena perlu memperhatikan pola makan dengan lebih hati-hati, jenis makanan yang dapat dikonsumsi diabetesi seringkali terasa terbatas. Akibatnya, sebagian diabetesi pun memilih untuk menyusun menu yang serupa setiap harinya. Padahal, variasi menu makanan setiap hari tidak hanya penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi yang berbeda namun juga bermanfaat untuk membuat waktu makan terasa lebih menyenangkan dan tidak monoton. Ingin mencari menu makanan baru yang tetap sehat untuk diabetes? Mari berkenalan dengan mie shirataki.

Mie shirataki adalah mie yang memiliki struktur panjang tipis dengan warna putih transparan (atau kecoklatan). Hal inilah asal nama mie shirataki, yang berarti ‘air terjun putih’ dalam bahasa Jepang1. Mie shirataki berbeda dengan mie pada umumnya karena terbuat dari glucomannan, yaitu sejenis serat yang diperoleh dari ubi tanaman konjak2. Tanaman konjak sendiri adalah tanaman yang umum ditemukan di daerah Asia Timur seperti Jepang dan China sehingga tak heran jika mie shirataki sudah banyak digunakan pada berbagai hidangan Jepang sejak dahulu. Dan kini, mie shirataki semakin populer digunakan sebagai pengganti mie dan pasta1.

Mengapa mie shirataki kini semakin digemari? Salah satunya, berkaitan dengan rendahnya kalori yang terkandung pada mie shirataki. Karena terbuat dari glucomannan yang dapat mengikat air dengan sangat baik, mie shirataki memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Bahkan, kandungan air pada mie shirataki dapat mencapai 97% dan sisa 3% dari komposisi mie shirataki adalah serat. Tak heran, 100 gram mie shirataki hanya mengandung 9 Kalori saja3 dan cocok untuk menjadi pilihan dalam membatasi asupan kalori harian.

Tak hanya rendah kalori, mie shirataki juga tinggi serat yang dapat bermanfaat lebih untuk diabetesi. Kandungan serat glucomannan dari ubi konjak pada mie shirataki berperan memperlambat laju pencernaan di dalam makanan yang dapat bermanfaat mencegah kenaikan kadar gula darah yang drastis. Selain itu, serat juga penting untuk memberikan rasa kenyang yang bertahan lebih lama4. Manfaat serat pada mie shirataki tidak berhenti di sini, kandungan serat pada mie shirataki juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan memperlancar buang air besar2.

Ingin mencoba mie shirataki sebagai menu baru Anda? Mulailah Tropicana Slim Shirataki Noodle yang rendah lemak, lebih rendah garam, tinggi serat dan hanya 100 kalori per saji sehingga aman untuk diabetesi dan juga cocok untuk diet. Tak perlu khawatir tentang rasa, Tropicana Slim Shirataki Noodle memiliki rasa yang nikmat sehingga membantu mewujudkan pola hidup sehat tanpa perlu mengorbankan kenikmatan rasa.

 

References:

  1. Japan Center
  2. WebMD
  3. Food Data Central USDA Nutrient Database
  4. Health benefits of konjac glucomannan with special focus on diabetes. 2015. Bioactive Carbohydrates and Dietary Fibre http://dx.doi.org/10.1016/j.bcdf.2015.03.007

Share Article:

All rights reserverd.