Stress Bikin Hipertensi?

Keseharian yang penuh kesibukan dan tantangan tentu ada kalanya membuat kita stress. Sayangnya, stress tidak bisa dihindari. Mengatasi stress dengan baik sangat penting karena stress yang berlebihan dalam jangka waktu panjang dapat berpengaruh negatif, termasuk untuk kesehatan. Salah satu efek negatif stress yang sering didengar adalah stress dapat menyebabkan hipertensi. Hipertensi perlu diwaspadai karena berkaitan dengan banyak komplikasi kesehatan yang berbahaya. Tapi, apakah stress benar bisa menyebabkan hipertensi?

 

Stress bikin hipertensi?

Kondisi stress memang berkaitan dengan pelepasan hormon adrenalin dan kortisol yang menyebabkan denyut jantung menjadi lebih cepat dan pembuluh darah berkontraksi sehingga berkaitan dengan peningkatan tekanan darah. Kenaikan tekanan darah ini sesungguhnya bersifat sementara dan akan kembali normal setelah penyebab stress teratasi. Namun, banyaknya pemicu stress di sekitar kita setiap hari menyebabkan kaitan antara stress dan hipertensi menjadi lebih rumit sehingga masih terus dipelajari dengan lebih mendalam.

 

Walaupun kaitan langsung antara stress dan hipertensi belum dapat dipastikan, stress yang tidak diatasi dengan baik dapat mengganggu kesehatan. Stress dapat memicu pola hidup tidak sehat seperti makan berlebihan, merokok, dan aktivitas sedenter atau pola hidup kurang aktif. Pola hidup tidak sehat ini jelas meningkatkan berbagai faktor risiko hipertensi, seperti lebih banyak konsumsi makanan tidak sehat dan kenaikan berat badan.

 

Atasi stress dengan baik

Agar tidak sampai mengganggu kesehatan, stress perlu diatasi dengan baik. Cara yang efektif untuk mengatasi stress dapat berbeda untuk masing-masing orang. Namun, ada beberapa hal yang dapat dicoba untuk mengatasi dan memulihkan diri dari stress dengan menjaga hubungan sosial dengan orang terdekat, melakukan kegiatan relaksasi (seperti meditasi, mendengarkan musik, dan mengatur pernapasan) minimal 15-20 menit setiap hari, serta berusaha berpikir lebih positif misalnya dengan menulis 3 hal yang berjalan baik atau 3 hal yang perlu disyukuri di setiap akhir hari. Pastikan juga untuk mencari bantuan dari ahli kesehatan jika stress dirasa terlalu sulit diatasi.

 

Tak kalah penting, pola hidup sehat dengan menjalankan pola makan sehat dan rutin berolahraga juga penting untuk mengatasi stress. Kebiasaan sehat seperti ini juga penting untuk menjaga tekanan darah dan menekan risiko hipertensi. Untuk menjaga tekanan darah dan menekan risiko hipertensi, pastikan juga untuk membatasi asupan garam harian karena asupan garam berlebih berkaitan dengan peningkatan tekanan darah dan risiko hipertensi.

 

Tropicana Slim hadir dengan berbagai produk rendah garam yang praktis untuk membantu Anda membatasi asupan garam harian guna menjaga tekanan darah dan menekan risiko hipertensi di tengah kesibukan harian. Coba Tropicana Slim Shirataki Noodles dan Tropicana Slim Shirataki Rice yang tidak hanya lebih rendah garam namun juga rendah lemak dan tinggi serat. Dengan rasa yang enak dan mudah disiapkan, Tropicana Slim Shirataki Noodles hanya mengandung 100 Kalori per saji dan Tropicana Slim Shirataki Rice hanya mengandung 50 Kalori per saji sehingga tidak hanya mendukung hidup sehat guna menekan risiko hipertensi, namun juga cocok untuk menjaga berat badan.

 

References:

  1. American Heart Association
  2. Journal of Human Hypertension (2009) org/10.1038/jhh.2008.74
  3. British Heart Foundation
  4. Blood Pressure UK

 

Share Article:

All rights reserverd.