Tangkal Diabetes dengan Olahraga

Angka prevalensi diabetes di dunia, termasuk di Indonesia, terus meningkat. Data dari Diabetes Atlas 2021 dari International Diabetes Federation menunjukkan bahwa terdapat 19,5 juta orang diabetesi di Indonesia. Lebih lanjut, Indonesia menduduki peringkat ke-5 dalam jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian bersama karena diabetes erat kaitannya dengan berbagai macam risiko komplikasi kesehatan yang berbahaya seperti penyakit jantung, gangguan penglihatan, kerusakan ginjal, hingga risiko amputasi. Untuk mencegah diabetes, pola hidup sehat sangatlah penting. Salah satunya, dengan rutin berolahraga.

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 7000 orang yang dimuat pada jurnal Metabolites menunjukkan pentingnya kebiasaan berolahraga dalam menekan risiko diabetes. Uji yang dilakukan selama 8 tahun ini menunjukkan bahwa kelompok responden yang paling rutin berolahraga; yaitu lebih atau sama dengan 3 kali per minggu, dengan durasi minimal 30 menit per sesi; memiliki risiko diabetes hingga 39% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif. Mereka yang berolahraga dengan frekuensi lebih rendah; yaitu di bawah 3 kali per minggu; masih menunjukkan penurunan risiko diabetes hingga 30% dibanding yang tidak aktif.

Selain rutin berolahraga, menjalankan pola makan sehat juga penting dilakukan untuk mencegah diabetes. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam menjalankan pola makan sehat adalah mencegah asupan gula, garam dan lemak yang berlebih. Tropicana Slim hadir dengan beragam variasi produk yang bebas gula, serta rendah garam dan lemak, siap untuk menemani Anda hidup sehat dengan nikmat. Ingin manis yang lebih sehat? Gunakan Tropicana Slim Sweetener yang bebas gula dan rendah kalori; dengan berbagai varian rasa seperti lemon, jahe, madu, lemongrass pandan, rose vanilla dan gula aren; yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Tunggu apa lagi? Karena manisnya hidup, kita yang tentukan!

 

Reference:

  • Metabolites
  • Diabetes Atlas
  • International Diabeets Federation

 

Share Article:

All rights reserverd.