Tangkal Hipertensi Tanpa Pandang Usia

 

Salah satu persepsi mengenai kondisi hipertensi adalah hipertensi pasti akan dialami saat menua nanti. Sebaliknya hipertensi tidak bisa menyerang mereka yang masih muda. Apakah persepsi ini benar? Benarkah kita pasti akan menderita hipertensi saat berusia lanjut dan apakah yang muda pasti bebas hipertensi?

 

Orangtua bisa bebas hipertensi

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan darah melebihi batas normal dan berkaitan dengan banyak komplikasi kesehatan berbahaya. Risiko hipertensi memang diketahui meningkat seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan karena seiring bertambahnya usia, elastisitas dari pembuluh darah akan berkurang yang dapat berkaitan dengan kenaikan tekanan darah. Data memang menunjukkan bahwa hipertensi memang lebih umum ditemukan pada mereka yang berusia lanjut.

 

Data dari Riset Kesehatan Dasar Indonesia 2018 menunjukkan bahwa 55,23% orang Indonesia berusia 55-64 tahun ternyata mengalami hipertensi berdasarkan hasil pengukuran tekanan darah. Angka ini lebih tinggi pada mereka yang berusia 65-74 tahun yaitu mencapai 63,22%, dan bahkan mencapai 69,53% pada yang berusia di atas 75 tahun.

 

Walaupun risiko hipertensi meningkat seiring bertambahnya usia, bukan berarti bahwa kita pasti akan terkena hipertensi saat berusia lanjut. Pola hidup sehat yang dilakukan sejak dini sudah diketahui bermanfaat dalam menekan risiko hipertensi, termasuk pada yang berusia lanjut.

 

Yang muda juga berisiko hipertensi

Persepsi bahwa hipertensi tidak dapat menyerang mereka yang masih muda juga merupakan persepsi salah yang banyak diyakini. Meskipun lebih banyak diderita oleh mereka yang berusia lanjut, hipertensi sesungguhnya juga dapat menyerang yang masih berusia muda. Faktanya, kasus hipertensi yang ditemukan pada mereka yang berusia muda diketahui terus bertambah seiring dengan meningkatnya pola hidup tidak sehat di masa sekarang ini.

 

Tingginya tekanan darah di usia muda penting diwaspadai karena berkaitan erat dengan penyakit kardiovaskular (penyakit yang menyerang jantung dan pembuluh darah) di usia pertengahan nantinya. Tekanan darah tinggi di usia muda diketahui berperan besar terhadap munculnya kasus penyakit jantung koroner, gagal jantung, serangan jantung, dan stroke pada usia lebih dini.

 

Tangkal hipertensi di semua usia

Untuk mencegah hipertensi, pola hidup sehat menyeluruh penting dijalankan. Hal ini termasuk pola makan sehat dengan membatasi asupan garam dan lemak jahat sembari memperbanyak konsumsi buah dan sayur, rutin berolahraga, menjaga berat badan dalam batas normal, menghindari rokok, dan menghindari stress. Selain itu, melakukan pengukuran tekanan darah secara rutin juga bermanfaat untuk deteksi dini hipertensi.

 

Walaupun pembatasan garam sudah diketahui bermanfaat dalam menekan risiko hipertensi, melakukan pembatasan garam tidak semudah itu. Banyak yang khawatir bahwa rasa makanan menjadi tidak enak karena mengurangi garam. Tapi untungnya kini tersedia produk rendah garam dari Tropicana Slim! Dengan produk Tropicana Slim Kecap Asin, Tropicana Slim Kecap Manis, Tropicana Slim Saus Tiram, dan Tropicana Slim Sambal Terasi yang lebih rendah garam, kita dapat membatasi asupan garam tanpa mengorbankan rasa.

 

References:

  1. American Heart Association
  2. S. Center for Disease Control and Prevention
  3. Hypertension (2020) org/10.1161/HYPERTENSIONAHA.119.13820
  4. John Hopkins Medicine

Share Article:

All rights reserverd.