Tidur Balas Dendam Bermanfaat, Benar Begitukah?

Kesibukan di hari-hari kerja seringkali menyebabkan kurangnya waktu tidur. Tidak hanya membuat sulit fokus di esok harinya, kurang tidur sesungguhnya juga berefek negatif bagi kesehatan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur berkaitan dengan konsumsi cemilan setelah makan malam yang lebih banyak. Konsumsi kalori yang berlebih ini pun menyebabkan peningkatan berat badan1.

 

Tidak berhenti di situ saja, kurang tidur juga dapat mengganggu metabolisme keseimbangan kadar gula darah. Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Current Biology ini menunjukkan terjadinya penurunan sensitivitas hormon insulin (hormon yang berperan dalam pengaturan kadar gula darah) akibat waktu tidur yang tidak mencukupi1.

 

“Tapi saya membayar hutang waktu tidur di hari kerja dengan tidur lebih lama di akhir pekan kok, jadi seharusnya tidak masalah”, mungkin sebagian dari Anda berpikir seperti ini. Sayangnya, data dari penelitian ini menunjukkan bahwa hal ini tidak cukup untuk menghilangkan efek negatif yang terjadi akibat kekurangan tidur di hari kerja. Walaupun tidur lebih lama di akhir pekan, sensitivitas insulin para peserta uji yang kekurangan tidur di hari kerja tetaplah lebih buruk1.

 

National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk cukup tidur selama 7-9 jam setiap harinya. Bagi Anda yang sering mengalami kesulitan untuk tidur, coba tips-tips berikut ini2:

  • Usahakan untuk tidur di waktu sama setiap harinya, termasuk saat di akhir pekan.
  • Atur kondisi kamar tidur agar senyaman mungkin untuk Anda, misalnya: suhu dan pencahayaan kamar.
  • Rutin berolahraga untuk membantu tidur lebih nyenyak.
  • Batasi penggunaan gadget, minimal 30 menit sebelum tidur.
  • Minum susu atau teh chamomile hangat sebelum tidur menjadi salah satu cara yang bisa dicoba. Tidak suka dengan rasa yang tawar? Tambahkan pemanis rendah kalori untuk bantu jaga asupan kalorimu. Tropicana Slim Sweetener, pemanis rendah kalori yang bisa jadi alternatif pengganti gula. Manis bebas worry

 

References:

  1. Ad libitumWeekend Recovery Sleep Fails to Prevent Metabolic Dysregulation during a Repeating Pattern of Insufficient Sleep and Weekend Recovery Sleep. 2019. Current Biology DOI:https://doi.org/10.1016/j.cub.2019.01.069.
  2. National Sleep Foundation

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.