Tidur Jaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor 1 di dunia. Data ini tentu semakin menegaskan pentingnya menjaga kesehatan jantung sejak dini. Untuk menjaga kesehatan jantung, pola hidup sehat secara menyeluruh misalnya menjaga berat badan, pola makan sehat, dan rutin berolahraga penting dilakukan. Tidak hanya itu, tidur cukup dan berkualitas juga penting untuk kesehatan jantung karena gangguan tidur ternyata berkaitan dengan peningkatan risiko serangan jantung.

 

Kurang tidur ganggu kesehatan jantung

Sebuah review terhadap 9 studi yang melibatkan 1.184.254 responden menunjukkan adanya kaitan antara gangguan insomnia dan peningkatan risiko serangan jantung. Mereka yang mengalami gangguan insomnia ternyata memiliki risiko serangan jantung hingga 69% lebih tinggi, apabila dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki masalah gangguan tidur. Gangguan insomnia sendiri merupakan salah satu gangguan tidur yang umum ditemukan dengan gejala sulit jatuh tertidur, sulit tetap tertidur, atau terbangun di tengah waktu tidur dan tidak dapat tidur kembali.

 

Selain itu, juga ditemukan bahwa durasi tidur yang kurang juga dapat terkait peningkatan risiko serangan jantung. Para responden yang melaporkan durasi tidur ≤5 jam per malam teramati memiliki risiko serangan jantung hingga 56% lebih tinggi, apabila dibandingkan dengan mereka yang tidur cukup selama 7-8 jam setiap malam.

 

Tips tidur nyenyak di malam hari

Pola tidur yang baik dapat dibangun secara bertahap melalui kebiasaan sehari-hari. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membentuk kebiasaan tidur yang sehat antara lain:

  • Buat jadwal tidur dan bangun tidur yang teratur setiap hari, termasuk di akhir pekan. Hindari perbedaan waktu tidur yang mencapai lebih dari 1 jam antar hari.
  • Hindari makan besar di dekat waktu tidur. Jika dirasa perlu, pilih snack ringan yang sehat.
  • Perbanyak aktivitas fisik dan sebisa mungkin luangkan waktu di luar ruangan.
  • Hindari tidur siang di sore hari dan batasi waktu tidur siang maksimal 20 menit.
  • Jaga ruang tidur sejuk, gelap, dan tenang.

 

Selain tidur cukup dan berkualitas, membatasi asupan garam harian untuk menjaga tekanan darah juga dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Data sudah menunjukkan bahwa konsumsi garam berlebih berkaitan dengan peningkatan tekanan darah dan risiko hipertensi. Ingin membatasi asupan garam untuk menjaga kesehatan jantung tanpa mengorbankan rasa? Coba alternatif kecap dan saus yang rendah garam dari Tropicana Slim seperti Tropicana Slim Kecap Manis, Tropicana Slim Kecap Asin, dan Tropicana Slim Saus Tiram. Produk kecap dan saus rendah garam dari Tropicana Slim dapat menjadi pilihan sesuai untuk membatasi garam tanpa mengorbankan rasa karena memiliki kandungan garam yang lebih rendah namun tetap dapat memberikan cita rasa enak dan nikmat untuk setiap masakan Anda.

 

References:

  1. Clinical Cardiology (2023) org/10.1002/clc.23984

 

Share Article:

All rights reserverd.