Tidur Kurang, Berat Badan Naik

Kesibukan sehari-hari sering membuat kita kurang tidur. Terkesan hal yang sederhana, tidur cukup yang berkualitas sesungguhnya sangat penting dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, penting untuk menjaga berat badan. Bagaimana tidur dapat memengaruhi berat badan? Ternyata, kurang tidur dapat menyebabkan kita lebih banyak mengemil!

 

Kurang tidur bikin ngemil

Sebuah penelitian terhadap 19.650 orang responden menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur (<7 jam per hari) ternyata lebih banyak mengonsumsi cemilan. Pada penelitian yang dipublikasikan pada Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics ini, juga ditemukan bahwa pilihan cemilan cenderung lebih tidak sehat pada mereka yang kurang tidur, yaitu lebih banyak memilih cemilan yang lebih tinggi kalori namun lebih rendah nilai nutrisinya.

 

Kebiasaan mengemil seperti ini jelas membuat pola makan harian menjadi kurang sehat. Dan memang, mereka yang memiliki durasi tidur kurang dari rekomendasi yang disarankan teramati memiliki asupan kalori, karbohidrat, gula, dan kafein yang lebih tinggi. Hal ini akhirnya tentu dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

 

Tips tidur lebih baik

National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk cukup tidur selama 7-9 jam setiap harinya. Sayangnya, sebagian orang mengalami kesulitan tidur di malam hari ataupun mengalami gangguan tidur sehingga tidak nyenyak. Dan tidak hanya memengaruhi berat badan saja, gangguan tidur (baik kurang tidur maupun tidak nyenyak) juga sudah terbukti dapat mengganggu suasana hati dan performa kita di esok hari.

 

Bagi yang sering mengalami kesulitan tidur, penting segera mencari solusi untuk memperbaiki kualitas tidur agar jangan sampai mengganggu kesehatan. Beberapa tips yang dapat dicoba antara lain:

  • Buat jadwal waktu tidur yang teratur. Usahakan untuk tidur di waktu sama setiap harinya, termasuk saat akhir pekan.
  • Atur kondisi kamar tidur agar terasa senyaman mungkin, misalnya: suhu sejuk, cahaya redup, dan suasana yang tenang.
  • Rutin berolahraga untuk membantu tidur lebih nyenyak dan berkualitas.
  • Batasi penggunaan gadget, minimal 30 menit sebelum tidur.
  • Hindari konsumsi kafein di sore dan malam hari.

 

Selain tips-tips di atas, melakukan kegiatan yang menenangkan di dekat waktu tidur juga dapat bermanfaat. Anda dapat coba membaca buku atau mendengarkan musik tenang di dekat waktu tidur. Mengonsumsi minuman hangat juga dapat membantu. Gunakan Tropicana Slim Sweetener Rose Vanilla untuk melengkapi minuman hangat Anda sebelum tidur dengan rasa manis yang lebih sehat. Tropicana Slim Sweetener Rose Vanilla menghadirkan rasa manis nikmat dengan aroma mawar mewah dan manisnya vanilla yang cocok untuk relaksasi di akhir hari. Tak kalah penting, Tropicana Slim Sweetener Rose Vanilla diformulasikan bebas gula dan rendah kalori sehingga cocok bagi diabetesi dan diet.

 

References:

  1. Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics (2021) DOI: 10.1016/j.jand.2021.06.145
  2. National Sleep Foundation

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.