Tips Makan Sehat & Gizi Seimbang

Siapa masih ingat ungkapan “Empat sehat, Lima sempurna”? Slogan ini dipopulerkan oleh Bapak Gizi Indonesia, Prof. Poerwo Soedarmo sekitar tahun 1952. Slogan ini berisi rekomendasi jenis makanan untuk dikonsumsi saat makan besar untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari; yaitu makanan pokok atau karbohidrat, lauk pauk, sayur, buah dan dilengkapi dengan susu.

Nah, konsep tersebut sekarang sudah berkembang dan disempurnakan menjadi Pedoman Gizi Seimbang (PGS). PGS mengusung konsep yang lebih dalam; bukan hanya jenis, tapi juga kuantitas atau jumlah (porsi) yang harus dimakan setiap hari untuk setiap kelompok makanan. Untuk lebih mudahnya, PGS ini diimplementasikan dengan nama “Isi Piringku”, yaitu pedoman dalam satu kali makan besar, jenis dan porsi makanan yang harus kita konsumsi. Dalam 1 piring, disarankan untuk mengisi 1/2 piring dengan sayur dan buah, 1/6 piring dengan sumber protein  rendah lemak seperti ikan, telur, tahu, dan tempe, dan 1/3 piring dengan sumber karbohidrat seperti nasi, kentang, mie, atau pasta.  Selain itu, dijelaskan juga pentingnya mencukupi kebutuhan minum air mineral minimal 2 liter, atau lebih kurang 8 gelas per hari.

Selain gizi lengkap dan seimbang, konsumsi gula garam dan lemak (GGL) juga harus diperhatikan ya. Beberapa tips yang bisa dilakukan guna membatasi GGL sebagai berikut.

  1. Kurangi penambahan gula pasir pada minuman atau ganti dengan gula rendah kalori
  2. Kurangi penggunaan kondimen (saus, sambal, kecap) yang tinggi kandungan gula dan garamnya
  3. Ganti metode memasak deep fry dengan cara menumis, mengukus, atau merebus. Gunakan pula minyak yang rendah lemak jenuh seperti Tropicana Slim corn atau canola oil.
  4. Gunakan produk-produk yang lebih rendah gula, garam, dan lemak. Contohnya Tropicana Slim pengganti kecap asin dan kecap manis serta Tropicana Slim Sambal terasi yang bebas gula serta lebih rendah garam dan lemak.

Tropicana Slim hadir dengan rangkaian produk yang bebas gula serta lebih rendah garam dan lemak sehingga cocok bagi kita yang ingin mengendalikan asupan gula, garam, dan lemak harian untuk tubuh yang lebih sehat. Karena manisnya hidup, kita yang tentukan.

Untuk mendukung langkah sehatmu, kamu juga bisa berbelanja produk lebih sehat di Nutrimart dengan voucher diskon special 25%! Kode JANTUNGSEHAT bisa langsung digunakan di pembelanjaanmu via Nutrimart! Berlaku untuk konsumen baru dan dapat digunakan untuk seluruh produk Tropicana Slim Cooking Series.

References :

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.