Tips Memasak Sehat Untuk Diabetesi

Ternyata, hal sederhana dapat membuat pola makan kita lebih sehat. Salah satunya, rutin memasak di rumah. Sebuah penelitian pada jurnal ilmiah Public Health Nutrition menunjukkan bagaimana sering memasak di rumah (6-7 kali per minggu) dapat berkaitan dengan asupan kalori, lemak, dan gula yang lebih rendah. Data lain menunjukkan bahwa indeks pola makan sehat juga diketahui lebih tinggi pada mereka yang rutin memasak di rumah.

Hal ini tentunya bermanfaat penting untuk diabetesi yang perlu memerhatikan pola makan hariannya dengan lebih seksama. Dan agar rutinitas memasak di rumah semakin bermanfaat untuk kesehatan, ada beberapa hal yang tentunya penting diperhatikan. Pastikan memilih menu, bahan masakan, dan cara memasak yang lebih baik dan lebih sehat. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk memasak lebih sehat?

Bahan baku sehat

Bahan baku masakan tidak hanya menentukan rasa dan penampilan masakan, namun juga kandungan nutrisi menu makanan yang dibuat. Untuk itu, penting memilih bahan masakan yang sehat dan kaya nutrisi. Memperbanyak buah dan sayur akan bermanfaat membuat masakan tampak lebih menarik dengan warna-warni yang cantik. Tak kalah penting, pilihan buah dan sayur yang berwarna-warni juga penting untuk membantu memenuhi kebutuhan berbagai macam nutrisi harian secara lengkap.

Untuk lauk-pauk, batasi memasak dengan daging merah dan gantikan dengan alternatif sumber protein yang lebih sehat misalnya ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Jika memasak dengan daging dan ayam, pilihlah bagian yang lebih rendah lemak dan buang bagian kulitnya.

Bumbu sehat

Bumbu dan saus memberikan rasa pada makanan, namun juga dapat menyumbang gula dan garam yang tinggi. Batasi penambahan garam serta kecap dan saus yang umumnya tinggi gula dan garam saat memasak. Bisa juga memilih produk kecap dan saus yang lebih rendah gula dan garam sebagai alternatif lebih sehat misalnya produk Tropicana Slim Kecap Manis yang bebas gula dan rendah garam, Tropicana Slim Kecap Asin untuk cita rasa gurih dan nikmat namun lebih rendah garam, atau Tropicana Slim Saus Tiram yang dapat melezatkan berbagai macam masakan tapi bebas gula dan lebih rendah garam.

Minyak sehat

Sebagai salah satu bahan memasak yang selalu digunakan, memilih jenis minyak yang lebih sehat juga sangat penting. Tahukah Anda bahwa minyak kelapa dan minyak kelapa sawit yang umum digunakan untuk memasak sesungguhnya tinggi kandungan lemak jenuhnya? Lemak jenuh umum dikenal sebagai lemak jahat karena konsumsi lemak jenuh yang tinggi berkaitan dengan peningkatan kadar kolesterol jahat. Peningkatan kadar kolesterol jahat dapat berbahaya karena erat kaitannya dengan penyakit jantung. Hal inipun penting diwaspadai mengingat penyakit jantung merupakan salah satu komplikasi kesehatan yang mengancam diabetesi.

Untuk menggantikan minyak yang tinggi lemak jenuh, Tropicana Slim menyediakan berbagai macam produk minyak yang rendah lemak jenuh seperti Tropicana Slim Canola Oil, Tropicana Slim Olive Oil, Tropicana Slim Corn Oil, dan Tropicana Slim Sunflower Oil. Semua produk minyak Tropicana Slim ini dapat menjadi pilihan yang lebih baik untuk kesehatan jantung karena memiliki kandungan lemak baik (lemak tidak jenuh) yang lebih tinggi dan kandungan kandungan lemak jahat (lemak jenuh) yang lebih rendah.

Tak lupa, cara memasak juga berpengaruh. Batasi cara memasak dengan metode menggoreng yang membuat banyak minyak terserap ke dalam makanan. Pilihlah cara memasak yang lebih sehat seperti menumis atau memanggang.

References:

  1. Public Health Nutrition (2015) DOI: https://doi.org/10.1017/S1368980014001943.
  2. American Journal of Preventive Medicine (2017) DOI:https://doi.org/10.1016/j.amepre.2017.01.017.
  3. American Heart Association

Share Article:

Copyright © 2018 Nutrimart. All rights reserved.